Senin, 04 September 2017 05:30 WITA

4 Tips Mengisi Baterai Ponsel Agar Awet

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
4 Tips Mengisi Baterai Ponsel Agar Awet

RAKYATKU.COM - Akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika baterai ponsel kamu cepat habis, apalagi disaat yang tidak tepat, seperti sedang berkomunikasi dengan seseorang yang penting maupun bermain game.

Banyak hal yang dianggap sepele saat mengisi baterai ponsel, hal tersebut akan berdampak buruk pada kualitas baterai ponsel kamu. Lalu bagaimana caranya agar baterai ponsel kamu bisa awet dan tahan lama? Dilansir selulerid, berikut tipsnya:

1. Selalu Gunakan Charger Asli

Pertama dan yang paling penting adalah selalu menggunakan charger asli ponsel kamu. Karena voltase dan ampere pada setiap charger ponsel itu berbeda-beda, maka dari itu biasakanlah selalu menggunakan charger bawaan asli agar pengisian daya lebih stabil. Sering memakai charger yang berbeda-beda dapat mempengaruhi kualitas, umur, dan performa baterai ponsel.

2. Lepaskan Pelindung Ponsel

Jika ponselmu memakai pelindung atau casing sebaiknya dilepas saat kamu sedang melakukan pengisian daya. Mengapa harus dilepas? Karena beberapa ponsel saat di-charge mengeluarkan hawa panas yang berlebih, jika casing ponselnya tidak dilepas maka dapat menyebabkan hawa panas pada ponsel kamu tidak terbuang. 

3. Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Sedang di charge

Demi tetap eksis di dunia maya atau sekedar chattingan, beberapa orang tetap nekat menggunakan ponselnya saat sedang dalam keadaan pengisian. Hal ini tentunya dapat memicu berkurangnya kinerja baterai ponsel kalian.

Disamping itu, hal ini juga dapat menimbulkan bahaya. Sebaiknya, jangan menggunakan ponsel kalian disaat sedang dalam pengisian daya.

4. Hindari Baterai Agar Tidak Kosong

Jika kalian membiarkan baterai ponsel kosong dalam waktu yang lama, hal ini dapat memperburuk ketahanan baterai tersebut. Sebaliknya, jika kalian terlalu lama dalam melakukan pengisian daya, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan baterai.

Sebaiknya, hindarkan baterai ponsel sampai benar-benar kosong. Lakukan pengisan daya jika presentase baterai ponsel kalian sudah menunjukan angka 15 persen dan lepaskan pengisian daya jika kondisi baterai sudah menunjukkan 100 persen.