02 September 2017 19:48 WITA

7 Aplikasi Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
7 Aplikasi Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia

RAKYATKU.COM - Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggunaan internet yang tinggi. Masyarakat Indonesia rata-rata menggunakan internet setiap harinya, terutama untuk mengakses media sosial dan membuka berbagai aplikasi.

Indonesia memiliki 250 juta penduduk dengan 64,1 persen penduduk di atas 13 tahun sudah terpapar akses internet, terutama lewat smartphone. Hal ini membuat para pengembang aplikasi berpotensi meraup keuntungan besar lewat pasar pertumbuhan yang besar dan potensial di Indonesia.

Dilansir Jalantikus, dari sekian banyak aplikasi yang beredar di Indonesia baik yang gratis maupun yang berbayar, berikut 7 aplikasi yang paling banyak digunakan orang indonesia. 

1. LINE

Dari 220 juta pengguna aktif aplikasi chatting LINE yang tersebar di seluruh dunia, lebih dari 90 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna aplikasi LINE terbanyak.

Banyaknya pengguna LINE di Indonesia maupun dunia dikarenakan aplikasi ini bukan sekedar aplikasi chatting, tapi juga memiliki banyak fitur lain di dalamnya.

LINE juga mengembangkan ekosistem digital mulai dari agregator berita dengan LINE Today hingga LINE Shopping. Bahkan, LINE menyediakan komik digital yang sangat populer yaitu Webtoon yang telah memiliki lebih dari 35 juta pengguna global sementara 6 juta diantaranya berasal dari Indonesia.

2. Facebook

Setiap tahun, Facebook terus mengalami peningkatan jumlah pengguna baik di dunia maupun di Indonesia. 

Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia mengungkapkan, angka pengguna aktif bulanan jejaring sosial tersebut kini sudah mencapai lebih dari 88 juta dan akan terus bertambah. Sementara di tingkat global, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif mencapai 1,7 miliar.

3. Blackberry Messenger

Meski mayoritas pengguna internet di dunia telah beralih ke aplikasi chatting lain, namun Indonesia masih menjadi negara dengan pengguna Bleckberry Messenger terbanyak. 

Perusahaan asal Indonesia, Emtek bahkan membeli hak lisensi merek, IP dan Teknologi aplikasi chatting BBM dengan harga fantastis yaitu 2,6 Triliun rupiah. Perusahaan tersebut tentu tidak akan sia-sia mengeluarkan dana sebesar itu sebab pengguna BBM di Indonesia mencapai lebih dari 60 juta pengguna aktif.

4. Clash of Clans

Clash of Clans merupakan game mobile terpopuler di dunia, termasuk Indonesia. Meski saat ini telah banyak bermunculan game mobile yang tak kalah populer, pengguna Clash of Clans di Indonesia tetap tidak berkurang bahkan terus bertambah sepanjang tahun.

Game yang bisa dimainkan di Android dan iOS ini begitu diminati sejak peluncurannya beberapa tahun silam. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan pengguna Clash of Clans terbanyak. Tidak sedikit yang rela mengeluarkan banyak uang demi dapat terus bermain game ini.

5. WhatsApp

Siapa yang tidak kenal WhatsApp? Hampir semua orang di dunia menginstall aplikasi chatting populer ini di smartphone mereka. Pada tahun 2015 silam, WhatsApp mengumumkan telah mempunyai lebih dari 900 juta pengguna aktif di seluruh dunia. 

Di Indonesia sendiri, WhatsApp memang tidak menyebutkan jumlah pasti penggunanya, namun jumlah pengguna WhatsApp di Indonesia ditaksir mencapai lebih dari 50 juta pengguna aktif.

6. Instagram

Aplikasi berbagi foto dan video Instagram merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna smartphone di Indonesia. 

Dari total 700 juta pengguna aktif Instagram di tingkat global, lebih dari 45 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Angka tersebut terus bertambah setiap harinya. Bahkan Indonesia disebut sebagai komunitas instagram terbesar di Asia Pasifik.

7. Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang cukup populer di Indonesia. Tampilan yang simpel dan mudah digunakan membuat lebih dari 19 juta orang di Indonesia menggunakan Twitter sebagai media favorit untuk berbagi foto, video maupun informasi lainnya.