Sabtu, 02 September 2017 14:20 WITA

China Berencana Kembangkan Kereta Terbang 4.000 Km/Jam

Editor: Suriawati
China Berencana Kembangkan Kereta Terbang 4.000 Km/Jam
Hyperloop

RAKYATKU.COM - Sebuah perusahaan kedirgantaraan China mengklaim bahwa mereka sedang mengembangkan "kereta terbang" yang mampu bepergian sejauh 4.000 km/jam.

China Aerospace Science and Industry Corporation mengumumkan rencana tersebut pada hari Rabu (30/08). Pertama-tama, mereka akan mulai meneliti jaringan kereta futuristik tersebut. Untuk langkah awal, kereta hanya akan beroperasi pada kecepatan 1.000km per jam di antara kota-kota, namun pada akhirnya akan mencapai kecepatan tertinggi 4.000 km/jam.

BACA JUGA: Pesawat Amfibi Baru China Lolos Tes Hidrodinamika

Target itu sudah lebih dari 10 kali lebih cepat dari kecepatan maksimum kereta yang ada saat ini. Kecepatan 4.000 km/jam juga jauh melebihi kecepatan maksimum jet penumpang komersil seperti Airbus A380 pada 1.020k/jam dan Boeing 787 pada 954km/jam.

"Kereta terbang" secara teoritis akan memungkinkan penumpang melakukan perjalanan dari Beijing ke Wuhan di China tengah dalam waktu setengah jam," kata jutu bicara perusahaan.

Liu Shiquan, wakil kepala eksekutif China Aerospace Science mengatakan bahwa mereka ingin bekerja sama dengan lebih dari 20 kelompok penelitian ilmiah China dan internasional dalam proyek tersebut.

China Berencana Kembangkan Kereta Terbang 4.000 Km/JamNamun para ahli skeptis dengan rencana tersebut. Zhao Jian, seorang profesor di Beijing Transport University, mengatakan bahwa tubuh manusia hanya bisa secara fisiologis menahan percepatan dengan kecepatan 4.000km/jam untuk waktu yang sangat singkat.

"Kalau begitu, apakah penumpangnya hanya astronot?" Tanyanya.

Dia juga mempertanyakan kelayakan ekonomi untuk memulai gagasan tersebut. "Akan ada biaya tinggi yang terkait dalam meningkatkan kecepatan secara bertahap, saya bertanya-tanya apakah akan layak secara ekonomi untuk melakukannya," katanya.

Tags