Senin, 18 April 2016 13:59 WITA

Instal Game Ini, Dijamin Asah Kejujuran Anak Anda

Editor: Mulyadi Abdillah
Instal Game Ini, Dijamin Asah Kejujuran Anak Anda

RAKYATKU.COM - Berbagai cara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meredam aksi korupsi. Salah satunya dengan meluncurkan permainan “Sahabat Pemberani: Permainan Kejujuran”.

Permainan berjenis boardgame digital ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play atau melalui situs resmi KPK untuk perangkat komputer atau laptop. Sebelumnya, boardgame ini juga telah dibuat dalam versi konvensional dengan nama yang sama.

Boardgame digital ini dirancang khusus untuk mengedukasi anak-anak dengan nilai kejujuran. Nilai tersebut disimulasikan dalam permainan melalui empat tokoh, yaitu Panji, Krishna, Kirana dan Kumbi, yang berusaha menolong para tetangga mengembalikan barang-barang yang dicuri oleh robot jahat. 

Selain itu, empat tokoh ini juga harus menghindari robot agar barang milik tetangga tidak dicuri lagi.

loading...

KPK juga memperkenalkan tujuh boardgame lainnya yang saat ini tengah dalam tahap pengembangan. Ketujuh game itu, yakni Terajana, Keranjang Bolong, CSI: Pelajar Hebat, Politrik, Kesatria, It’s My Business dan D’Hospital. Tiga game pertama, diperuntukkan bagi anak dan remaja.

Bagi KPK, menghadirkan game antikorupsi seperti ini bukanlah pengalaman pertama. Pada Desember 2015, KPK juga telah meluncurkan empat game saat perayaan Hari Anti Korupsi di Bandung. Kelima game itu, yakni Sahabat Pemberani, Ular Tangga Integritas, Kuartet Sahabat Pemberani, dan Siap Beraksi.

“Game Digital Sahabat Pemberani diperuntukkan bagi generasi muda. Maka cara penyajian pesan harus betul-betul diperhatikan,” kata Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief.

Tags
Loading...
Loading...