Rabu, 09 Agustus 2017 08:21 WITA

Ilmuan Temukan Bahan Ajaib untuk Layar Smartphone Anti Retak

Editor: Suriawati
Ilmuan Temukan Bahan Ajaib untuk Layar Smartphone Anti Retak
INT

RAKYATKU.COM - Layar retak merupakan masalah umum yang dihadapi oleh pemilik smartphone. Sebenarnya, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi, seperti selalu menggunakan case yang kokoh.

Namun para ilmuwan juga telah berupaya membuat layar yang lebih tahan banting dan tidak mudah pecah. Tim peneliti dari Queen’s University’s School of Mathematics and Physics, Stanford University, University of California, California State University and the National Institute for Materials Science di Japang telah mengembangkan materi ajaib yang tidak akan pernah bisa retak.

BACA JUGA: Gel Revolusioner ini 5 Kali Lebih Kuat Dari Baja

Tim menciptakan materi yang menggabungkan molekul semikonduktor C60 dengan bahan berlapis, seperti graphene dan hBN. Bahan baru ini stabil dan juga bisa mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Ilmuan Temukan Bahan Ajaib untuk Layar Smartphone Anti Retak"Temuan kami menunjukkan bahwa 'bahan ajaib' baru ini memiliki sifat fisik yang serupa dengan silicon namun telah meningkatkan stabilitas kimiawi, ringan dan fleksibilitas, yang berpotensi digunakan pada perangkat cerdas dan kemungkinannya akan jauh lebih kecil," kata Dr. Elton Santos dari Queen’s University’s School of Mathematics and Physics. 

Tim ilmuwan mengumpulkan keahlian mereka dalam bidang kimia, fisika dan sains untuk menciptakan materi ini. Hasil mereka tidak hanya menciptakan layar telepon yang lebih kuat, tapi juga ponsel yang lebih hemat energi dan mampu mengisi sendiri dengan sinar matahari.

"Materi ini juga bisa membuat perangkat menggunakan lebih sedikit energi daripada sebelumnya karena arsitektur perangkat, sehingga bisa meningkatkan masa pakai baterai," kata Dr. Elton.

Tags