08 August 2017 18:52 WITA

Pahlawan Ransomware Telah Dibebaskan Dari Penjara

Editor: Suriawati
Pahlawan Ransomware Telah Dibebaskan Dari Penjara
Marcus Hutchins

RAKYATKU.COM - Marcus Hutchins, pahlawan ransomware WannaCry yang dituduh membuat dan menjual malware yang mencuri password perbankan telah dibebaskan dari penjara AS. Namun ia masih akan menghadiri persidangan lain di Milwaukee, atas tuduhan serupa.

Juru bicara penjara, Kayla Gieni mengatakan pada hari Senin (07/08) bahwa dia "tidak lagi berada di fasilitas kami." Namun Gieni tidak mengatakan apakah Hutchins dibebaskan dengan jaminan, sebagaimana yang diperintahkan hakim pada hari Jumat.

BACA JUGA: Pahlawan Virus WannaCry Ditangkap FBI

Pria berusia 22 tahun itu dijadwalkan hadir di pengadilan di Milwaukee, negara bagian Wisconsin pada hari Selasa. Dia akan menghadapi enam tuduhan menciptakan dan menjual malware Kronos antara bulan Juli 2014 hingga Juli 2015.

Seorang jaksa mengatakan, ketika Hutchins ditangkap di Las Vegas pekan lalu, ia mengaku kepada penyidik bahwa dia menulis kode tersebut dan mengisyaratkan bahwa dia menjualnya.

Marcus Hutchins sebelumnya dipuji karena menemukan kill-switch yang mencegah penyebaran ransomware WannaCry yang menginfeksi lebih dari 300.000 komputer di 150 negara pada bulan Mei.

Tags
Hacking