18 July 2017 18:41 WITA

Waspada! Siapa Pun Bisa Akses Facebook Anda Dengan Trik Simpel ini

Editor: Suriawati
Waspada! Siapa Pun Bisa Akses Facebook Anda Dengan Trik Simpel ini

RAKYATKU.COM - Siapa pun pasti tidak ingin akun Facebooknya diretas oleh orang tidak bertanggung jawab dan menyalah gunakannya.

Baru-baru ini seorang ahli keamanan cyber memperingatkan bahwa para hacker dapat mengakses akun Anda dengan trik yang sangat sederhana, yaitu menggunakan nomor telepon lama Anda. Bagaimana mereka melakukannya?

BACA JUGA:

Mereka memanfaatkan fitur Facebook yang memungkinkan pengguna mengganti password dengan memasukkan nomor telepon mereka. Kode yang dikirimkan ke nomor itu kemudian akan digunakan untuk menyetel ulang kata sandinya.

Ini akan menjadi masalah jika seseorang memiliki nomor telepon baru dan lupa memperbaharui nomornya di Facebook. Hal ini akan semakin diperburuk oleh provider yang sering menerbitkan ulang kartu yang tidak digunakan lagi.

Di sini lah hacker bekerja. Mereka membeli nomor telepon itu dan berharap orang yang dulu memilikinya tidak mengubah nomornya di Facebook.

Pakar teknologi James Martindale mengatakan bahwa peretas bisa mengklik opsi lupa password ketika mencoba untuk login ke akun korban. Facebook akan mengirimkan teks yang memungkinkan hacker untuk membuat password baru dan menguasai akun korban.