16 July 2017 08:22 WITA

Inggris Akan Uji Perahu dan Pesawat Otonom

Editor: Suriawati
Inggris Akan Uji Perahu dan Pesawat Otonom
Foto: BAE System

RAKYATKU.COM - Teknologi self driving akan diuji pada perahu dan pesawat di lepas pantai selatan Inggris, dalam waktu dekat.

Pengembang teknologi mutakhir ini adalah perusahaan penerbangan, BAE Systems. Mereka telah membuat sebuah skema di wilayah Solent antara Portsmouth dan Isle of Wight, lengkap dengan jaringan komunikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan uji coba kendaraan otonom.

Untuk mengendalikan perahu dan pesawat tersebut, akan ada dua van "pusat kendali" yang dilengkapi dengan radar dan peralatan komunikasi lainnya.

Meskipun tidak membutuhkan pengendali, perahu dan pesawat tersebut diyakini akan mampu mendeteksi dan beradaptasi dengan pesawat dan perahu otonom lainnya di daerah tersebut.

Proyek ini dijalankan BAE System bersama dengan perusahaan spin-out University of Southampton, ASV dan beberapa triallists lainnya.

Frank Cotton, kepala teknologi BAE Combat Systems, mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan menguji dua perahu dan sejumlah pesawat tak berawak di atas air, sementara ASV dan yang lainnya akan melakukan uji coba kapal, pesawat terbang dan drone bawah laut.

Uji coba akan berlangsung di berbagai wilayah selat pada bulan Oktober.

Perahu, pesawat terbang dan pesawat bawah laut dipandang sangat penting bagi masa depan industri pertahanan, sektor minyak dan gas, serta operasi pencarian dan penyelamatan.

Tags
Inggris