Kamis, 13 Juli 2017 10:59 WITA

NASA Rilis Gambar Badai yang Mengamuk di Jupiter

Editor: Suriawati
NASA Rilis Gambar Badai yang Mengamuk di Jupiter
Foto: Twitter

RAKYATKU.COM - NASA pada hari Rabu (12/07) merilis serangkaian gambar menakjubkan dari badai yang mengamuk di Jupiter, yang dikenal sebagai Great Red Spot.

Gambar tersebut diambil oleh pesawat antariksa Juno saat terbang di atas badai tersebut, dari jarak dekat, dengan ketinggian 9.000 km, pada Senin malam.

BACA JUGA: Kapal NASA Bakal Hadapi Badai Besar Jupiter

"Selama ratusan tahun para ilmuwan telah mengamati, bertanya-tanya dan berteori tentang Bintik Merah Besar Jupiter," kata Scott Bolton, penyidik ??utama Juno dari Southwest Research Institute di San Antonio, dikutip dari Reuters. "Sekarang kita punya foto terbaik yang pernah ada."

NASA Rilis Gambar Badai yang Mengamuk di Jupiter

Para ilmuwan berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mendorong badai tersebut. Bolton mengatakan akan memerlukan beberapa waktu untuk menganalisis data itu.
 
Great Red Spot telah dipantau sejak tahun 1830 dan telah ada selama lebih dari 350 tahun. April tahun ini, titik merah tersebut diperkirakan memiliki ukuran 16.350km.

Juno diluncurkan pada tahun 2011 dan mulai mengorbit Jupiter tahun lalu. Flyby berikutnya direncanakan awal September.

"Gambar yang sangat dinantikan dari Jupiter's Great Red Spot adalah seni dan sains dari badai sempurna" kata Jim Green, direktur sains planet dari NASA.

"Kami senang berbagi keindahan dan kegembiraan ilmu antariksa dengan semua orang."

Tags