13 July 2017 06:30 WITA

Era Robot Jadi Ancaman Para Pekerja

Editor: Andi Chaerul Fadli
Era Robot Jadi Ancaman Para Pekerja

RAKYATKU.COM - Robotika dan kecerdasan buatan akan mengurangi mobilitas sosial di Inggris, chief executive Sutton Trust telah mengatakan kepada Sky News.

"Maraknya robotika menghilangkan peluang tradisional di tempat kerja," kata Lee Elliot Major.

"Yang kami khawatirkan adalah bahwa mereka mengambil pekerjaan para profesional - pekerjaan yang menjadi batu loncatan bagi orang untuk bangkit menaiki tangga sosial.

"Orang-orang dari latar belakang yang lebih miskin akan terpengaruh secara tidak proporsional karena mereka adalah orang-orang yang memiliki pekerjaan ini secara normal."

Dalam sebuah laporan, Sutton Trust mengatakan bahwa hanya 29% orang percaya bahwa pemuda masa kini akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik daripada orang tua mereka - turun dari 42% di tahun 2003.

Laporan tersebut menyarankan bahwa membawa Inggris ke tingkat sosial mobilitas sosial Eropa Barat dapat menambahkan 2,1% pada PDB per tahun, dorongan total sekitar £ 39 miliar.

Ia juga menemukan bahwa sampai 15 juta pekerjaan di Inggris bisa hilang karena gangguan teknologi.

Hasilnya bisa menjadi masyarakat dua tingkat, Trust mengatakan, dengan kelompok elit yang terampil menguasai eselon masyarakat yang lebih tinggi dan kelompok berpenghasilan rendah dan berpenghasilan rendah dengan prospek mobilitas ke atas yang terbatas dan tangga sosial yang tidak terpatahkan.

Tony Burke, asisten sekretaris umum untuk pembuatan serikat pekerja Unite, mengatakan kepada Sky News: "Kami menganggap (otomasi) sangat serius sebagai sebuah isu.

"Tidak ada yang menghadapi ini sebelumnya. Tidak seperti revolusi industri sebelumnya yang menciptakan lapangan kerja, masalah dengan Revolusi Industri 4.0 justru akan menguranginya.

"Masalah kami adalah pemerintah kita tidak memiliki strategi bagaimana mereka akan mengelola ini."

Seorang juru bicara untuk Departemen Bisnis, Energi dan Strategi Industri mengatakan: "Sebagai bagian dari membangun Strategi Industri kami, Pemerintah telah meminta sebuah tim pakar industri yang dipimpin oleh CEO Siemens Juergen Maier untuk melihat tantangan dan peluang teknologi digital dan otomasi. .

"Tinjauan ini akan mempertimbangkan bagaimana kita dapat bekerja sama dengan bisnis untuk memastikan manfaat teknologi baru dirasakan di berbagai sektor ekonomi, menciptakan lapangan kerja baru yang menarik dan dibayar dengan baik di seluruh negeri."

Tags
Robot