11 July 2017 16:27 WITA

6 Tips Menghemat Baterai Handphone Saat Main Game

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
6 Tips Menghemat Baterai Handphone Saat Main Game
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Handphone kini telah menjadi kebutuhan manusia. Tidak hanya membantu menyimpan file penting, dokumen tapi juga memungkinkan Anda menggunakan Internet, memutar lagu, video, dan juga bermain game.

Sering bermain game mobile, membuat handphone kita sering panas. Namun untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang dilansir jalantikus untuk menghemat dan memperbaiki masa pakai baterai ponsel saat memainkan game favorit. 

1. Menurunkan kecerahan ponsel

Bukan rahasia lagi bahwa meredupkan tampilan pada handphone akan memperpanjang masa pakai baterai. Tidak diragukan juga menggunakan kecerahan handphone pada tingkat tinggi memungkinkan Anda menikmati dan melihat semuanya dengan sangat jelas dan terang, tapi hal ini tentu akan memperpendek masa pakai baterai Anda.

Anda bisa bermain berjam-jam tanpa terganggu atau ingin bermain dalam waktu singkat dan menderita sepanjang hari dengan ponsel mati.

2. Menghidupkan Mode Hemat Daya

Tentu baik untuk mengaktifkan mode penghemat baterai. Bahkan saat ini, sebagian besar permainan dilengkapi dengan opsi penghemat daya internal yang akan membantu Anda menghemat masa pakai baterai saat bermain game.

Seperti Pokemon Go hadir dengan opsi penghemat daya internal. Untuk mengaktifkan mode Penghemat Daya, buka aplikasi tertentu dan ketuk pada Setting. Scroll ke bawah Menu sampai Anda melihat opsi penghematan daya baterai

Atau jika permainan Anda tidak termasuk mode hemat daya, Anda juga dapat mengambil bantuan dari setting smartphone dan mengaktifkannya dari sana.

3. Mematikan volume permainan

Mungkin volume permainan memberi Anda nuansa tersendiri saat bermain game, karena beberapa orang menyukai musik latar dari permainan saat bermain. Anda harus mematikan volume atau mematikan suaranya jika ingin baterai bertahan lebih lama.

4. Mematikan proses yang berjalan di latar belakang

Meskipun Anda saat ini tidak menjalankan aplikasi, tetap saja mereka menghabiskan baterai ponsel cerdas Anda. Pastikan Anda telah mematikan semua proses yang berjalan di latar belakang seperti Google, Facebook, Maps, aplikasi email dan lainnya.

5. Mematikan Bluetooth dan Wi-Fi

Karena Bluetooth dan Wi-Fi selalu mencoba mencari jalur akses dan mengalirkan baterai ke keseluruhan proses. Jika Anda tidak memerlukan Wi-Fi untuk bermain game, lebih baik mematikannya dan ini akan menghemat waktu baterai untuk hidup.

6. Meminimalkan pengaturan grafis dan animasi

Anda dapat membuat penyesuaian grafis dan animasi di smartphone Anda dengan mengaktifkan mode pengembang. Dengan mengurangi atau menonaktifkan animasi, Anda akan segera melihat peningkatan kinerja dan peningkatan masa pakai baterai.

Tags
Game