Senin, 10 Juli 2017 21:06 WITA

12 Kemampuan Manusia yang Hilang Akibat Teknologi

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
12 Kemampuan Manusia yang Hilang Akibat Teknologi

RAKYATKU.COM - Teknologi diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Meski begitu, dengan semakin dipermudahnya manusia dengan teknologi, ternyata ada efek samping yang cukup berbahaya bagi penggunanya. 

Bahkan, kehadiran teknologi bisa menghilangkan kemampuan-kemampuan tertentu para penggunanya. Kemampuan apa sajakah yang hilang? Dilansir jalantikus, berikut adalah daftar kemampuan kita yang hilang akibat teknologi semakin canggih.

1. Bergitung

Saat ini, sudah banyak aplikasi Kalkulator yang bisa di-download gratis dan mudah. Kalkulator tersebut tentunya akan mempermudah kamu untuk melakukan perhitungan, baik hitungan yang sederhana maupun kompleks.

Sejak kemunculan kalkulator, banyak orang yang mulai mengandalkan kalkulator sebagai alat hitungnya. Kemampuan menghitung orang tersebut secara perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya dan digantikan oleh kalkulator.

2. Berkomunikasi dengan Orang Lain

Berkomunikasi dengan orang lain tentu hal yang penting dilakukan. Namun, sejak munculnya teknologi seperti smartphone, laptop dan lainnya, berbicara ataupun berkomunikasi dengan orang lain menjadi sangat jarang terjadi.

Kebanyakan dari mereka tetap fokus terhadap smartphone miliknya, dan tidak mencoba berbicara kepada orang lain. Jika hal ini terus-menerus dibiarkan, pastinya akan membuat kemampuan berbicara seseorang terutama terhadap orang-orang baru akan menurun dengan sendirinya.

3. Bertemu dengan Orang Lain

Masih mirip-mirip dengan poin sebelumnya. Kemampuan bertemu dengan orang lain hampir menghilang akibat adanya aplikasi video call yang bisa digunakan di PC maupun di smartphone.

4. Kemampuan Navigasi

Sebelum adanya Maps Online, orang-orang bisa membaca navigasi yang ada pada peta, menentukan arah yang ingin dilewati, menghafal tempat dan sebagainya.

Namun, sekarang kita dipermudah dengan Maps atau peta online. Dengan bantuan sebuah Maps, kamu tidak perlu kesulitan lagi menentukan arah ke mana tempat yang ingin kamu tuju.

Bahkan Google Maps sudah memberitahumu rute terbaik dan tercepat agar sampai ke tempat tujuan. Dengan begini, lama-kelamaan kemampuan manusia untuk membaca navigasi akan menghilang.

5. Mengecek Fakta

Beberapa waktu sebelum adanya internet, orang-orang menggunakan buku referensi atau pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan fakta ataupun informasi yang ingin dicari kebenarannya.

Saat ini, orang dengan mudah mengecek sebuah fakta dari Wikipedia. Padahal, sumber informasi yang ada di Wikipedia belum tentu benar semuanya.

6. Menulis

Menulis semakin jarang dilakukan semenjak adanya komputer, laptop ataupun smartphone. Kebanyakan mereka lebih suka mengetik daripada menulis.

Jika hal ini semakin sering dilakukan, tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang akan kehilangan kemampuan menulisnya.

7. Mengingat Nomor Telepon

Mengingat nomor telepon juga menjadi salah satu kemampuan manusia yang kian hilang. Padahal, dengan mengingat paling tidak tiga nomor telepon, akan menyelamatkan kamu dari keadaan darurat yang mungkin saja terjadi.

8. Mengetahui Arah Kiblat

Pada zaman dulu, orang-orang mempunyai cara khusus untuk mengetahui arah kiblat di suatu tempat. Dengan semakin canggihnya teknologi, saat ini ada beragam aplikasi penunjuk arah kiblat yang bisa langsung digunakan untuk mengetahui arah kiblat secara akurat dan cepat.

Lewat aplikasi tersebut, tentu manusia tidak perlu lagi membaca pergerakan bintang atau matahari untuk mengetahui di mana arah kiblat dan lama-kelamaan kemampuan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

9. Berjalan

Berjalan kaki hampir jarang sekali dilakukan oleh orang-orang modern saat ini, terutama yang tinggal di kota besar. Kebanyakan dari mereka menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk menuju ke tempat tertentu.

Dengan terus-menerus menggunakan moda transportasi apalagi kini ada layanan transportasi online, tentu pengguna bisa mengalami penimbunan lemak akibat kurang berjalan, olahraga dan bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit.

10. Membuat Api

Kemampuan membuat api dengan bantuan baja, kayu atau cara primitif lainnya mungkin sudah sangat jarang digunakan belakangan ini. Hal tersebut karena sudah banyak cara modern untuk menyalakan api, mulai dari menggunakan korek, pemantik api ataupun kompor listrik.

11. Mengeja

Mengeja sebuah kata atau kalimat juga menjadi salah satu kemampuan manusia yang hilang akibat teknologi canggih.

Saat ini smartphone memiliki sistem autocorrect, yang bisa memperbaiki tulisan kita secara otomatis jika ada yang typo. Dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir jika ejaan tulisannya salah.

12. Meletakkan Teknologi

Ini merupakan hal yang cukup penting dan sudah banyak orang yang mulai kehilangan kemampuan satu ini. Meletakkan teknologi bisa membuat kamu merasa lebih bebas dari sebelumnya.

Akan tetapi, sekarang orang-orang sulit sekali meninggalkan teknologinya. Video di atas akan memberitahumu tentang banyak hal yang bisa dilakukan dengan menonaktifkan teknologi.