Senin, 19 Juni 2017 08:45 WITA

Youtube Umumkan 4 Langkah Baru untuk Perangi Terorisme

Editor: Suriawati
Youtube Umumkan 4 Langkah Baru untuk Perangi Terorisme
YouTube

RAKYATKU.COM - Dalam beberapa bulan terakhir, platform media sosial ditekan untuk berbuat lebih banyak dalam melawan ekstremisme dan propaganda teroris. 

Menanggapi hal tersebut, YouTube menekankan empat langkah baru yang akan diambil untuk menghadapi aktivitas ekstremis di platformnya.

BACA JUGA: Begini Cara YouTube Lawan Berita Palsu

Menulis di Financial Times, Kent Walker, wakil presiden senior dan penasihat umum Google, menulis bahwa YouTube telah bekerja dengan berbagai pemerintah dan lembaga penegak hukum untuk mengidentifikasi dan menghapus konten seperti itu. Terlepas dari usaha tersebut, dia mengakui bahwa ada lebih banyak yang harus dilakukan dalam industri media sosial.

Kent WalkerKent Walker???????

Walker telah berjanji untuk mengambil empat langkah dalam perang melawan terorisme online, termasuk deteksi konten ekstremis yang lebih cepat, lebih banyak ahli, standar yang lebih ketat dan perluasan kerja kontra-radikalisasi. 

Raksasa teknologi ini mengumumkan bahwa mereka akan membayar 50 badan amal untuk mencari dan memberi isyarat tentang konten ekstremis, dan tidak hanya mengandalkan komputer untuk menemukan kontennya.

Dikatakan juga bahwa pihaknya akan mengambil sikap lebih keras terhadap video yang tidak secara jelas melanggar kebijakan mereka, termasuk video yang mengandung konten religius, yang menyulitkan mereka mendeteksinya.

Terakhir, perusahaan akan berbuat lebih banyak dalam menangani konten kontra-radikalisasi dengan membuat program yang akan mengalihkan pengguna yang ditargetkan oleh kelompok ekstremis seperti ISIS ke konten kontra-ekstremis.

Walker kemudian menjelaskan bahwa YouTube bekerja sama dengan perusahaan seperti Facebook dan Twitter untuk mengembangkan alat dan teknik untuk mendukung upaya anti-teror secara online.

Tags