Senin, 05 Juni 2017 16:57 WITA

Ilmuan Gunakan Mobil Street View Kumpulkan Data Polusi

Editor: Suriawati
Ilmuan Gunakan Mobil Street View Kumpulkan Data Polusi
Foto: CNN

RAKYATKU.COM - Environmental al Defense Fund (EDF), Google Earth Outreach dan peneliti dari University of Texas di Austin menggunakan mobil Street View Google dan alat monitoring lingkungan dari Aclima untuk mengukur polusi udara.

Sensor mobile mengumpulkan data setiap 100 kaki (30 meter), dan menemukan tingkat polusi yang bervariasi dari satu blok ke blok lainnya.

BACA JUGA: Pencemaran Udara Bisa Rusak DNA pada Anak-anak

"Kami benar-benar terkejut melihat betapa beragamnya polusi udara di kota-kota kami," kata Joshua Apte, asisten profesor di University of Texas di Austin.

Tingkat polusi yang lebih tinggi ditemukan di dekat tempat-tempat seperti pabrik semen, restoran dan toko bodi mobil.

Ilmuan Gunakan Mobil Street View Kumpulkan Data PolusiSelama sekitar 150 hari dalam setahun, mobil Google menganalisis kualitas udara di tiga lingkungan yang berbeda yaitu di West Oakland, Downtown Oakland, dan Oakland Timur. Peneliti kemudian mengukur kadar karbon hitam, nitrik oksida, dan nitrogen dioksida, bahan kimia yang terkait dengan masalah kesehatan.

loading...

Joshua Apte mengatakan data ini akan bermanfaat bagi banyak orang, termasuk agensi yang ingin memperbaiki kualitas udara, mereka yang menderita asma atau masalah pernafasan lainnya, serta ilmuwan yang ingin mempelajari pengaruh polusi.

BACA JUGA: Penelitian: Polusi Diesel Menyebabkan Masalah Jantung

Ini bukan pertama kalinya ilmuwan dan kelompok lingkungan mencoba menggunakan solusi mobile untuk pemetaan kualitas udara. Tes lainnya termasuk menempatkan sensor pada tiang lampu, sepeda dan bahkan merpati.

EDF sebelumnya menggunakan mobil Google Street View untuk mengukur kebocoran metana.

Loading...
Loading...