16 April 2017 08:30 WITA

Cara Hemat Data Saat Menggunakan Ponsel Sebagai Hotspot

Editor: Suriawati
Cara Hemat Data Saat Menggunakan Ponsel Sebagai Hotspot
Foto: Gizmodo

RAKYATKU.COM - Salah satu kelebihan dari smartphone adalah memungkinkan Anda untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, melalui fitur tethering.

Tapi, jika Anda menggunakan wifi ponsel untuk melakukan browsing menggunakan laptop, maka itu akan menyedot banyak kuota internet Anda. Lalu bagaimana cara agar bisa lebih hemat?

BACA JUGA: Cara Membuat Ringtone Sendiri di Android

Mungkin tidak banyak yang tahu, aplikasi Chrome memiliki ekstensi Data Saver (penghemat data) yang dibuat oleh Google. Ini akan bekerja dengan menghemat waktu loading halaman dengan melakukan rerouting pada situs yang Anda kunjungi melalui server Google, dan mengompresnya. Tapi, ekstensi ini tidak bekerja pada halaman HTTPS halaman dan halaman yang dibuka dalam mode penyamaran.

Add-on ini juga menyediakan fitur yang sama di Firefox, meskipun itu merupakan implementasi tidak resmi dari ekstensi Google Chrome dan tidak dibuat oleh Google sendiri.

Atau, jika Anda menggunakan Opera, aplikasi ini juga memiliki penghemat data yang sama, yanitu Opera Turbo.

Selain itu, Anda juga mematikan loading gambar. Pada panel Setting Chrome, buka "tampilkan setelan lanjutan" kemudian "setelan konten" untuk menonaktifkan loading gambar otomatis. Di Firefox, pilihan yang sama adalah klik "about:config" dan ubah "permissions" lalu pilih "default" dan "image" dan masukkan 2.