11 April 2017 11:56 WITA

Cara Membuat Ringtone Sendiri di Android

Editor: Suriawati
Cara Membuat Ringtone Sendiri di Android
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda bosan dengan nada dering default android? Tidak masalah, Anda bisa mengaturnya sendiri berdasarkan lagu yang Anda sukai.

Bahkan, Anda dapat mengubah file audio (misal rekaman suara Anda) menjadi nada dering. Dan, bagian terbaiknya adalah Anda tidak perlu menggunakan aplikasi berbayar.

Yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi Ringtone Maker. Anda bisa mendownload aplikasi gratis ini dari Play Store, dan menginstallnya langsung di smartphone Anda.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Touchscreen Macet di Smartphone

Alasan utama mengapa Anda harus menggunakan aplikasi ini adalah karena ini mudah digunakan, berkat antarmukanya sederhana.

Setelah menginstal aplikasi, Anda harus mentransfer lagu yang ingin Anda gunakan sebagai nada dering ke perangkat Anda.

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Ringtone Maker. Nantinya akan muncul daftar semua file audio di perangkat Android Anda. Atau, jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda bisa menekan tombol Menu di pojok kanan atas dan pilih "Browse," lalu cari file yang Anda inginkan.

Tekan tombol hijau di sebelah file, kemudian pilih “Edit” dari menu. Nah, gunakan slider untuk menyesuaikan porsi trek yang ingin Anda rubah menjadi nada dering. Ingat! nada dering yang terbaik memiliki durasi 30 detik atau kurang.

Setelah Anda selesai, Anda dapat menyimpannya ke folder nada dering Anda dengan menekan tombol yang terlihat seperti disk, dan terletak di bagian atas layar. Anda kemudian dapat menggunakan file yang baru saja Anda buat sebagai nada dering Anda.