Sabtu, 16 April 2016 23:28 WITA

Suka Gonta-ganti Ponsel? Ini 4 Tips Manfaatkan Teknologi Cloud

Editor: Mulyadi Abdillah
Suka Gonta-ganti Ponsel? Ini 4 Tips Manfaatkan Teknologi Cloud

RAKYATKU.COM - Tak ingin dibilang ketinggalan zaman, biasanya yang dilakukan adalah mengganti perangkat smartphone ke model terbaru yang lebih canggih dan mahal.

Tapi apa jadinya bila memindahkan buku telepon saja masih dengan cara manual, yaitu memindahkan satu per satu, seperti saat kamu masih pakai ponsel jadul. Pastinya ribetkan?

Sungguh tidak terbayang rasanya kalau harus berganti handphone, kamu perlu memindahkan 500 lebih daftar nomor telepon di ponsel kamu, padahal di SIM card sendiri hanya muat 200 kontak, lalu sisanya, masak kamu masih harus mensortir sendiri?

Waduh, berapa jam atau berapa hari yang harus kamu buang untuk melakukannya? Belum lagi kamu juga punya pekerjaan yang menanti untuk diselesaikan bukan?

Langkah pertama yang harus dilakukan, kamu harus punya akun email pribadi terlebih dahulu, dan tetapkan satu saja akun email yang akan kamu gunakan di setiap perangkat. Kamu bisa memanfaatkan Gmail, Yahoo, Outlook atau Hotmail (Microsoft).

Berikut tips untuk membantu mengatasi masalah kamu yang terkait dengan memindahkan data menggunakan teknologi cloud (awan).

1. Menyimpan Buku Telepon
Untuk pengguna Gmail, simpan kontak baru dengan menggunakan opsi email yang biasanya ada di bagian atas. Lakukan hal ini untuk semua kontak yang ada di daftar telepon milikmu.

2. Menyimpan Data Pekerjaan
Cara mendapatkan layanan ini, kamu perlu menginstal aplikasi cloud seperti Google Drive, atau untuk pengguna Windows Phone bisa menggunakan OneDrive. Lalu sinkronisasikan aplikasi produktivitas yang kamu gunakan (misalnya Microsoft Office, WPS Office, atau OfficeSuite) dengan aplikasi cloud.

Loading...

Perlu diketahui kalau menyimpan data seperti ini di cloud harus dilakukan secara manual ya, Jerukers. Jadi pastikan setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, kamu langsung meng-upload di cloud. Hal ini juga bisa berfungsi sebagai back-up.

3. Memindahkan Foto dan Video
Gunakanlah Google Photos bagi pengguna Android, sedangkan pengguna Windows Phone bisa memanfaatkan OneDrive. Biasanya aplikasi ini sudah menjadi fitur bawaan (pra-instal) sejak pertama kali membeli handphone.

Namun ada perbedaan di antara kedua platform penyedia layanan cloud ini, kalau Google Photos, Jerukers bisa mengaturnya menjadi back-up otomatis, sementara jika menggunakan OneDrive, kamu harus mengupload secara manual.

4. Siapkan Buku Catatan Pribadi
Mengenai data yang kamu simpan di cloud tidak perlu lagi ada yang dikhawatirkan ya, Jerukers. Tapi hal yang paling penting dari itu semua, adalah memastikan kamu memiliki buku catatan khusus, just in case kamu melupakan nama akun email serta password tempat seluruh data kamu itu disimpan.

Dengan memanfaatkan cloud dari para vendor teknologi tersebut, kamu cuma perlu satu langkah memindahkan data ke perangkat mobile yang lain, yakni hanya sign in menggunakan akun email. Bahkan, untuk skenario terburuk sekali pun, misalnya smartphone kamu hilang atau dicuri, kamu tidak perlu lagi takut data kamu disalahgunakan orang lain.

Selain itu, keunggulan lainnya memanfaatkan cloud, kamu jadi bisa mengakses data di smartphone menggunakan komputer.

Tags
Loading...
Loading...