Jumat, 11 Desember 2015 23:19 WITA

Sering Kehilangan HP? Ini Trik Mencegahnya

Editor: Mulyadi Abdillah
Sering Kehilangan HP? Ini Trik Mencegahnya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-  Telepon genggam atau yang sering kita sebut handphone yang saat ini sudah menjelma menjadi smartphone benar-benar sudah menjadi kebutuhan tingkat dewa bagi seluruh masyarakat cyber.

Nyaris 24 jam habis lantaran bercengkerama dengan padatnya dunia maya.  Tapi, apa jadinya jika Smartphone milikmu hilang?. Gelisah, galau, cemas, pusing. Bahkan akan ada banyak ekspresi ketika kita kehilangan telepon genggam. Untuk mencegah bagi kalian yang sering kehilangan Smartphone. Cobalah tips-tips ini

1. Menggunakan Silent Mode Secara Berkala 

Seringkali orang lupa menaruh ponselnya dan kesulitan menemukannya gara-gara diatur mode silent. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa men-setting silent mode secara berjangka, misalnya satu jam. Jadi setelah timernya berhenti, nada dering ponselmu akan kembali hidup.

2. Taruh ponselmu di tempat yang sama 

Biasakan untuk menaruh ponselmu di tempat yang sama ketika berada di kamar, mobil atau meja kerja. Kebiasaan ini akan memudahkanmu untuk menemukan ponselmu karena kamu sudah hapal di mana kamu biasanya menaruhnya. Selain itu, waktumu nggak akan terbuang sia-sia gara-gara mencari ponsel.

3. Menitipkan pada teman 

Ketika kamu hendak pergi ke toilet atau tempat tertentu, minta tolonglah kepada temanmu untuk menjaga ponselmu. Misalnya, "Eh, aku ke toilet bentar, titip hapeku ya..." Cara ini akan membuatmu tenang karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada ponselmu, kamu sudah tahu kemana harus bertanya.

4. Mendaftarkan asuransi 

Cara ini sebetulnya nggak terlalu berlebihan, apalagi jika ponselmu berisikan data-data penting yang bernilai tinggi. Beberapa perusahaan penyedia asuransi mampu meng-cover jika hal-hal terjadi pada ponselmu, seperti rusak, hilang atau terkena malware.

5. Buat wallpaper nomor darurat untuk berjaga-jaga 

Pasang wallpaper di ponselmu yang berisikan nomor darurat. Caranya, ketik nama beserta nomor telepon darurat yang bisa dihubungi. Ambil screenshot, lalu pasang sebagai wallpaper. Dengan harapan, orang yang nantinya menemukan ponselmu bersedia menghubungi nomor tersebut.

Loading...

6. Jangan pernah meletakkan ponselmu di saku belakang 

Selain berpotensi merusak layar ponsel karena tidak sengaja kamu duduki, kebiasaan meletakkan ponsel di saku belakang juga rawan dicuri.

7. Gunakan case ponsel yang tepat 

Untuk mencegah orang lain mengambil ponselmu dari saku, gunakan case yang agak tebal dan tidak licin. Tujuannya agar kamu bisa merasakan jika ada orang yang mencoba mengambil ponselmu dari saku.

8. Membeli powerbank dengan kualitas yang baik

Dengan membawa powerbank saat pergi ke tempat umum, kamu tidak perlu meninggalkan ponselmu tergeletak begitu saja di colokan listrik ketika sedang di-charge.

9. Membuat alarm alami di ponsel 

Agar kamu rutin mengecek ponselmu, buatlah alarm alami yang berupa notifikasi game atau media sosial.

10. Menyalakan layanan pelacak ponsel 

Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan Android Device Manager atau Find My iPhone. Kedua layanan tersebut berguna untuk melacak ponselmu jika seandainya hilang.

Tags
Loading...
Loading...