Senin, 13 Maret 2017 08:44 WITA

Virus Telah Ditanam Dalam Smartphone Sebelum Anda Membelinya

Editor: Suriawati
Virus Telah Ditanam Dalam Smartphone Sebelum Anda Membelinya
INT

RAKYATKU.COM - Selama ini kita mungkin berpikir bahwa malware menginfeksi smartphone melalui aplikasi "siluman" yang kita download.

Tapi, sebuah temuan Check Point Software Technologies menunjukkan bahwa 38 smartphone Android, termasuk Samsung, LG, Xiaomi, ZTE, Oppo, Vivo, Asus dan Lenovo telah ditanami virus sebelum mendarat di tangan Anda.

BACA JUGA: Lebih 1 Miliar Akun Google dan Yahoo Dijual di Web Gelap

Berikut nama-nama paket berbahaya dan perangkat yang terinfeksi:

Loading...

Virus Telah Ditanam Dalam Smartphone Sebelum Anda MembelinyaPeneliti mengatakan bahwa malware yang ditemukan termasuk iklan tidak sah, yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan dengan mencuri informasi perangkat. Sayangnya, peneliti tidak mengidentifikasi para korban, namun mengatakan bahwa dua perusahaan mungkin terpengaruh. Mereka adalah perusahaan telekomunikasi besar, dan perusahaan IT internasional.

Check Point mengatakan, karena malware itu tidak berasal dari ROM vendor, maka disimpulkan bahwa itu ditambahkan dalam rantai pasokan antara penjual dan pelanggan. Dan, karena mereka ditambahkan setelah pembuatan, vendor tidak bisa disalahkan atas hal ini.

"Enam dari contoh malware ditambahkan oleh orang jahat ke dalam ROM perangkat, menggunakan hak istimewa dari sistem, yang berarti mereka tidak bisa dihapus oleh pengguna," kata peneliti.

Tags
Loading...
Loading...