Selasa, 10 Mei 2016 10:52 WITA

Facebook Dituduh Saring Berita Konservatif

Editor: Suriawati
Facebook Dituduh Saring Berita Konservatif
INT

RAKYATKU.COM - Facebook dituduh menyaring feed yang berisi konten konserevatif. Menurut laporan terbaru dari Gizmodo, hal ini lah yang menjadikan Anda tidak pernah menemukan meme rasis atau link ke artikel faktual akurat dalam berita trending, meskipun teman Facebook Anda membajiri feed.

Menurut Gizmodo "pedoman ketat" yang diadopasi Faceook itu bertujuan untuk memastikan konsistensi dan netralitas. Seorang sumber yang merupakan pekerja kontrak Facebook melaporkan bahwa pedoman tersebut tidak "mengizinkan penindasan perspektif politik." 

(Baca juga: Facebook Tambahkan Fitur Group Caling Gratis di Messenger)

Sember itu mengatakan bahwa apa yang ditampilkan dalam feed Facebook, tidak secara ekslusif ditentukan oleh algaoritma, melainkan oleh orang tertentu yang dipekerjakan Facebook.

loading...

Jika orang yang kebetulan tidak berlangganan dengan berita konservatif, maka semua berita terkait akan jadi daftar hitam dan tidak akan muncul di Feed mereka. 

Lebih dari itu, jika cerita tertentu tren di Twitter tetapi tidak Facebook, maka Facebook akan memasukkannya ke bagian trending News. Contoh spesifiknya adalah konflik yang sedang berlangsung di Suriah.

Tapi Facebook membantah tuduhan itu, dan menyebutnya sebagai "tuduhan yang sangat bias." 

Loading...
Loading...