10 January 2017 12:08 WITA

Nokia Kembangkan Asisten Digital Bernama Viki

Editor: Suriawati
Nokia Kembangkan Asisten Digital Bernama Viki
INT

RAKYATKU.COM - Nokia dikabarkan sedang mengembangkan sebuah asisten digital. Dalam pengajuan merek dagang hari ini di Eropa, Nokia menguraikan sesuatu yang bernama "Viki." 

Menurut laporan, Viki akan digunakan sebagai "asisten yang bekerja dengan pengetahuan digital dan menggabungkan semua sumber data ke chat tunggal dan antarmuka berbasis suara," baik untuk mobile maupun web.

Baca juga: Nokia 6 Hadir Dengan RAM 4GB Seharga Rp3,2 Juta

Untuk saat ini belum ada informasi detai tentang pengajuan tersebut. Ketika ditanya oleh Engadget, juru bicara Nokia mengatakan bahwa itu adalah pengajuan merek dagang tetapi "kami tidak mengomentari bagaimana, apa atau kapan mereka bisa digunakan untuk produk atau layanan Nokia." 

Namun, jika Nokia memang menciptakan asisten digital, perusahaan akan bergabung dengan banyak saingan yang telah mengembangkan teknologi serupa. Mereka termasuk Apple Siri, Amazon Alexa, Microsoft Cortana, dan Assistant Google.

Baru baru ini, HMD global (perusahaan yang memiliki merek Nokia) telah memperkenalkan smartphone pertama Nokia berbasis Android, yang disebut Nokia 6. Ini akan dirilis di Cina, kemungkinan awal tahun ini.