01 January 2017 20:54 WITA

Isi Baterai Handphone Kini Bisa Lewat Tubuh, Ini Alatnya

Editor: Jumardin Akas
Isi Baterai Handphone Kini Bisa Lewat Tubuh, Ini Alatnya

RAKYATKU.COM - Baterai lemah menjadi masalah utama bagi para pengguna smartphone. Namun, sepertinya tak lama lagi hal itu sudah tidak perlu dikhawatirkan.

Sebab, sebuah alat charger dengan mengandalkan tangan bisa menghasilkan listrik dan membuat handphone tetap menyala.

HandEnergy memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai di ponsel mereka hanya dengan memutar tangan sambil memegang perangkat charger tersebut. 

Gerakan tangan akan mengaktifkan giroskop perangkat untuk menghasilkan energi yang kemudian dapat disimpan atau langsung digunakan untuk mengisi mobile.

Uniknya, penemuan inovatif ini datang dari Michael Vaga yang masih berusia 19 tahun. "Dengan setiap putaran tangan Anda, kecepatan rotor meningkat secara signifikan dan menghasilkan lebih banyak kekuatan," kata Vaga dilansir Metro.

"Kami menerjemahkan energi mekanik Anda dan menjadi energi listrik. Ini berarti Anda dapat mengisi perangkat Anda," tambahnya.

Vaga membutuhkan waktu satu tahun untuk mengembangkan alat tersebut. Menurutnya, ini adalah solusi bagi mereka yang selalu bepergian atau kerap kesulitan mendapatkan aliran listrik untuk mengisi handphone.

Dibutuhkan antara 40 menit dan satu jam untuk mengisi penuh baterai perangkat HandEnergy dan kecepatan ini berkurang 30 persen jika telepon sedang bersamaan dikenakan.

Vaga dan timnya percaya perangkat HandEnergy, bisa memberikan energi darurat yang sangat berguna karena menghasilkan energi bersih tanpa perlu membakar bahan bakar.

HandEnergy kini mulai memproduksi alat tersebut dan segera akan dirilis pada Maret 2017 dengan harga eceran diperkirakan 99 euro (Rp1,4 juta).