Selasa, 18 Oktober 2016 07:00 WITA

Tips Cas Hape yang Benar Agar Baterai Ponsel Awet 

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Tips Cas Hape yang Benar Agar Baterai Ponsel Awet 

RAKYATKU.COM - Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Baterai bisa dibilang sebagai ujung tombak smartphone. Percuma fitur berlimpah namun baterainya hanya bertahan dalam waktu yang singkat.

Seiring perkembangan waktu, kapasitas baterai smartphone juga semakin besar. Beberapa kali lebih besar dibanding smartphone sebelumnya. 

Fitur pendukungnya juga semakin cepat mulai dari baterai saving sampai pengisi daya baterai cepat. Namun kebanyakan pengguna smartphone salah satu melakukan pengisian daya smartphone. Alhasil baterai menjadi cepat rusak.

Berikut tips cas hape yang benar dikutip dari berbagai sumber:

1. Gunakan Charger Asli
Sebaiknya anda melakukan pengisian daya smartphone menggunakan charger orisinil atau charger bawaan. Karena setiap charger memiliki output yang berbeda-beda. Dikawatirkan baterai akan cepat rusak saat menggunakan charger lain yang memiliki output lebih besar.

2. Jangan Mengecas Terlalu Lama
Kebanyakan smartphone saat ini sudah menggunakan baterai jenis lithium-ion. Baterai tersebut rawan kerusakan apabila dicas terlalu lama. Sebaiknya anda mengecas hingga 100 persen dan langsung cabut charger dari smartphone. Jangan cas smartphone seharian penuh atau semalaman penuh.

3. Jangan Mengecas via USB
Kadang kala pengguna smartphone lebih memilih mengecas menggunakan kabel USB di komputer ataupun laptop. Padahal cara tersebut kurang baik karena output yang dikeluarkan oleh port USB komputer akan tidak stabil dan bisa mempengaruhi kesehatan baterai smartphone.

4. Jangan Biarkan Baterai Kosong
Usahakan untuk tidak membiarkan kapasitas baterai smartphone sampai kosong hingga nol persen, karena akan membuat baterai menjadi drop. Segera cas baterai smartphone saat setelah indikator baterai menunjukkan angka 15 persen.

5. Hindari Sering Menggunakan Power Bank
Sama seperti mengecas menggunakan USB komputer, pengisian daya baterai menggunakan power bank dan charger dekstop bisa menyebabkan baterai smartphone cepat rusak karena outputnya tidak stabil. Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan charger original atau bawaan smartphone.