Senin, 11 April 2016 12:31 WITA

Jepang Akan Terapkan Sistem Pembayaran dengan Sidik Jari

Editor: Suriawati
Jepang Akan Terapkan Sistem Pembayaran dengan Sidik Jari
Jepang akan terapkan sistem pembayaran sidik jari

RAKYATKU.COM - Jepang akan mulai menguji sebuah program yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan sidik jari mereka.

Menurut surat kabar Jepang, Yomiuri Shimbun, Pemerintah Jepang berharap bahwa sistem baru ini bisa mengurangi tindak kejahatan dan meringankan kekhawatiran turis akan pencurian uang tunai atau kartu kredit.

Nantinya, ketika wisatawan tiba di Jepang, mereka bisa mendaftarkan sidik jari, data pribadi dan informasi kartu kredit mereka di loket di bandara. Informasi ini kemudian akan disimpan, dan digunakan ketika wisatawan mengunjungi hotel dan toko-toko. Mereka dapat melakukan pembelian, melalui prosedur pembebasan pajak dan memverifikasi identitas mereka dengan memindai dua dari jari-jari mereka.

Program ini rencananya akan mulai dijalankan musim panas ini di 300 toko, hotel dan restoran di beberapa prefektur Jepang yang paling populer.
Jika semua berjalan dengan baik, ini akan mulai menyebar di seluruh negeri pada musim semi 2017.

Loading...

Tahun lalu, Huis Ten Bosch theme park di Prefecture Nagasaki telah memperkenalkan sistem pembayaran dengan sidik jari.

"Sistem ini telah diterima dengan baik oleh pelanggan, termasuk orang tua dan anak-anak, karena menghemat waktu mereka yang kesulitan mengeluarkan dompet," kata juru bicara taman.

Tags
Loading...
Loading...