27 September 2016 12:01 WITA

Lima Tips Membeli Genset Yang Bagus, Awet Dan Tahan Lama

Editor: Muh. Taufik
Lima Tips Membeli Genset Yang Bagus, Awet Dan Tahan Lama

RAKYATKU.COM- Meskipun saat ini sebagian besar wilayah yang ada di Indonesia sudah bisa menikmati fasilitas PLN, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pada keadaan tertentu genset masihlah diperlukan.Terlebih jika PLN sedang mengadakan pemadaman dalam waktu yang tidak sebentar.

Gensetalias generator set merupakan sebuah perangkat tertentu yang fungsinya untuk menghasilkan daya listrik.Lalu, mengapa disebut dengan generator set? Hal ini dikarenakan perangkat ini terdiri dari dua perangkat, yakni alternator alias generator dan engine.

Nah, jika rumah anda terletak dikawasan yang sering terjadi pemadaman, tidak ada salahnya untuk memiliki genset, karena sebenarnya harga genset tidaklah terlalu mahal. Jika ingin membeli genset yang memiliki daya cukup besar, anda bisa membelinya secara bersama-sama.

Karena tidak semua orang akrab dengan dunia mesin seperti genset ini,maka tidak semua orang paham dengan piranti yang satu ini. Itu sebabnya, sebelum anda membeli genset, sebaiknya anda mengetahui beberapa tips dalam membeli genset berikut terlebih dahulu.

Jaminan Sparepart

Untuk produk-produk tertentu, jaminan merupakan hal yang sangat wajib tersedia karena banyaknya resiko yang bisa terjadi, baik pada perangkat atau pun sparepart dari perangkat produk tersebut.

Itu sebabnya, ketika anda membeli genset, tanyakan terlebih dahulu apakah ada jaminan yang bisa anda miliki, meskipun biasanya harga genset yang memiliki jaminan sedikit lebih mahal.Atau setidaknya, pastikan bahwa tempat dimana anda membeli genset juga menjual sparepartnya agar ketika anda membuthkanya nanti tidak kesulitan untuk mendapatkannya.

Daya Genset

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, genset memiliki daya yang berbeda-beda, yang tentu saja dengan harga genset yang berbeda pula.Sebelum berangkat untuk membelinya, hitung atau perkirakan terlebih dahulu daya listrik yang anda butuhkan untuk keperluan rumah atau gedung anda. Baca juga: 4 Cara Buat Rumah Baru Jadi Lebih Akrab

Yang sebaiknya anda perhatikan ialah sebaiknya memiliki daya 10% lebih besar dari daya yang anda butuhkan. Misalnya, anda membutuhkan daya listrik sebesar 1500 watt untuk rumah anda, maka setidaknya genset memiliki daya1700 watt.

TipeGenset

Secara umum,genset terbagi menjadi2 tipe, yakni Open Tipe dan Silent Tipe alias low noise. Open tipe merupakan genset yang memiliki kebisingan cukup tinggi, maka lebih sering digunakan untuk digudang atau beberapa tempat lainnya yang tidak ditempati oleh terlalu banyak orang.

Sedangkan genset Silent Tipe merupakan perangkat yang suara kebisingan atau noise nya cukup rendah. Jika anda ingin menggunakan genset untuk dirumah anda yang memiliki banyak tetangga, maka pilhlah tipe genset yang satu ini.

Tim Engineer

Sebelum anda membeli genset, pastikan juga sebelumnya jika anda memiliki tim engineer atau setidaknya mekanik yang berpengalaman dalam hal memasang genset dan melakukan pengetesan. Tentu akan lebih mudah jika anda sendiri bisam elakukannya.

Dengan memiliki tim engineer yang professional, maka pemasangan alat instalasi genset anda akan berjalan dengan lebih baik dan tentu saja lebih aman.

Layanan Vendor

Mungkin anda biasa membeli genset dibanyak toko-toko mesin. Namun sebenarnya ditempat seperti anda sebaiknya anda membeli genset ini? Pilihlah tempat menjual genset yang pelayanan after sales yang baik dan bisa menjawab semua pertanyaan anda.

Barulah setelahnya anda pertimbangkan harga genset dari satu toko dan yang lainnya. Jika sudah menemukan harga genset terbaik, selanjutnya anda hanya perlu melakukan transaksi dan membawa pulang genset untuk instalasi.

Dengan kelima tips membeli genset diatas, semoga anda tidak lagi merasa bingung untuk menentukan harus membeli genset yang seperti apa?

Tags

Berita Terkait