Minggu, 28 Juni 2020 17:04 WITA

Kenalkan Fugaku, Superkomputer Tercepat di Dunia

Editor: Nur Hidayat Said
Kenalkan Fugaku, Superkomputer Tercepat di Dunia
Foto: Riken.

RAKYATKU.COM - Jepang kini punya superkomputer tercepat di dunia. Komputer itu sedang digunakan meneliti penyebaran dan perawatan Covid-19.

Komputer itu bernama Fugaku. Dikembangkan Fujitsu dan lembaga peneltian pemerintah Riken. Komputer ini menempati peringkat pertama dalam daftar top 500 superkomputer di dunia. 

Ini pertama kalinya sistem Jepang mengambil posisi teratas sejak 2011. Top500 menggunakan tolok ukur seperti kecepatan pemrosesan dan kinerja komputasi yang digunakan dalam kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan deep learning.

Fugaku dapat memproses 415 kuadriliun lebih (atau 415.000 triliun) komputasi per detik, menjadikannya 2,8 kali lebih cepat dari Summit, superkomputer yang dibangun oleh IBM yang sebelumnya memegang posisi teratas. Demikian dilansir
CNN International, Minggu (28/6/2020).

loading...

"Teknologi terdepan yang dikembangkan pada Fugaku diharapkan akan berkontribusi pada kemajuan dan tantangan sosial yang sulit seperti Covid-19," ujar Satoshi Matsuoka, Direktur Riken Center for Computational Science.

Superkomputer Jepang sudah digunakan secara eksperimental untuk penelitian Covid-19, termasuk pada diagnostik, terapi, dan simulasi penyebaran virus.

Fugaku, yang merupakan nama lain untuk Gunung Fuji, dijadwalkan beroperasi pada kapasitas penuh tahun depan.

Loading...
Loading...