Senin, 10 Februari 2020 15:23 WITA

Mending Hapus Saja! Puluhan Aplikasi Android Ini Berbahaya

Editor: Nur Hidayat Said
Mending Hapus Saja! Puluhan Aplikasi Android Ini Berbahaya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Penjahat cyber melakukan berbagai cara agar bisa menyusup ke perangkat orang lain. Termasuk salah satunya lewat aplikasi yang diunduh secara resmi dari Google Play Store.

Berdasarkan laporan perusahaan keamanan perangkat dan cyber VPN Pro, ada 24 aplikasi berbahaya yang meliputi aplikasi cuaca hingga fungsi kamera. 

Beberapa di antaranya sarat malware dan meminta segala macam izin yang berpotensi jahat. Total jumlah unduhan aplikasi berbahaya ini sudah mencapai 382 juta kali.

"Penelitian menemukan bahwa aplikasi-aplikasi ini meminta sejumlah besar izin berbahaya yang berpotensi membahayakan data pribadi pengguna. Izin berbahaya ini mencakup kemampuan untuk melakukan panggilan, mengambil gambar dan merekam video, merekam audio, dan banyak lagi," kata VPN Pro dikutip BGR.

VPN Pro menyebutkan, aplikasi-aplikasi ini berasal dari sebuah perusahaan asal China yang punya riwayat malware, rogueware, dan praktik tidak etis. Aplikasi-aplikasi ini juga meminta sejumlah besar izin yang tidak perlu dan berbahaya.

loading...

Salah satu aplikasi buatan perusahaan tersebut, yang bernama Weather Forecast untuk prediksi cuaca, diketahui mengumpulkan data pengguna dan mengirimkannya ke server di China. 

Selain itu, salah satu dari 24 aplikasi ini ada yang disebut Candy Selfie Camera, dilaporkan meminta izin aplikasi seperti data lokasi yang sangat lengkap, kamera, membaca penyimpanan eksternal, membaca log ponsel, dan akses lain yang tidak diperlukan sebagian besar aplikasi.

Berikut daftarnya:

Sound Recorder
Super Cleaner
Virus Cleaner 2019
File Manager
Joy Launcher
Turbo Browser
Weather Forecast
Candy Selfie Camera
Hi VPN, Free VPN
Candy Gallery
Calendar Lite
Super Battery
Hi Security 2019
Net Master
Puzzle Box
Private Browser
Hi VPN Pro
World Zoo
Word Crossy!
Soccer Pinball
Dig it
Laser Break
Music Roam
Word Crush

Loading...
Loading...