Jumat, 07 Februari 2020 00:01 WITA

Radiasi iPhone 11 Pro Lebihi Batas Aman

Editor: Nur Hidayat Said
Radiasi iPhone 11 Pro Lebihi Batas Aman
Foto: Gadgets Now

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Studi terbaru mengungkap radiasi yang dipancarkan iPhone 11 Pro melebihi batas aman Federal Communications Commission (FCC) di Amerika Serikat. 

Ini dapat menimbulkan risiko bagi pengguna ponsel. Demikian dikutip Gizchina. Berdasarkan pengujian, iPhone 11 Pro diletakkan sekitar 5 mm dari boneka. Laboratorium kemudian mengamati paparan radiasi jauh melebihi batas yang ditetapkan.

Radiasi dianggap berbahaya bila ponsel diletakkan di saku pengguna. Kesimpulan dari pengujian menunjukkan, ponsel flagship ini berpotensi mengekspos orang lebih dari dua kali lipat dari batas aman FCC.

World Health Organization (WHO) secara kategoris tidak menyatakan radiasi ponsel cerdas dapat menyebabkan manusia sakit parah. Namun, itu adalah sesuatu yang harus diperhitungkan mengingat ekspansi ponsel yang cepat.

loading...

Ini telah mengarah pada kebutuhan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan antara emisi yang dipancarkan dan pembentukan tumor otak kanker.

Makin kecil Specific Absorption Rate (SAR), makin aman ponsel dan semakin baik bagi pengguna. Uni Eropa menetapkan batas 2W/kg dan berdasarkan ini manusia dapat menentukan apakah iPhone 11 Pro adalah smartphone "aman" atau tidak.

Menurut penelitian, iPhone 11 Pro hampir mencapai 4W/Kg, melewati batas FCC sekitar 1,6W/Kg.

Loading...
Loading...