Sabtu, 01 Februari 2020 09:38 WITA

Mulai Hari ini Jutaan Ponsel Android dan iPhone Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp

Editor: Suriawati
Mulai Hari ini Jutaan Ponsel Android dan iPhone Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp
INT

RAKYATKU.COM - WhatsApp akan berhenti bekerja pada jutaan model iPhone dan Android lama, terhitung mulai 1 Februari 2020.

Itu karena aplikasi chating ini telah menarik dukungan untuk beberapa sistem operasi usang. Ini termasuk android versi 2.3.7 (Gingerbread) dan yang lebih lama, serta iPhone yang menjalankan iOS 8 dan yang lebih tua.

Menurut Google, saat ini sekitar 0,3 persen perangkat Android masih menjalankan versi Gingerbread. Sementara itu, Apple mengklaim bahwa 7 persen perangkatnya masih menjalankan sistem yang lebih tua dari iOS 12. Tapi perusahaan tidak mengungkapkan angka detail.

Dengan penghantian dukungan, pengguna yang masih memiliki smartphone 'usang' tidak bisa lagi membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada.

Facebook, yang memiliki WhatsApp, mengatakan bahwa pemusnahan itu diperlukan untuk memastikan keamanan penggunanya. 

"Karena kami tidak lagi mengembangkan secara aktif untuk sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja," kata WhatsApp dalam posting blog.

"Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan versi terbaru iOS atau Android yang tersedia untuk ponsel Anda."

Setiap tahun, WhatsApp menghilangkan dukungan untuk perangkat lama.

loading...

Pada akhir 2019, perusahaan menarik dukungan untuk semua ponsel yang menjalankan Windows Phone atau Windows Mobile.

Mereja juga menghapus dukungan untuk ponsel berbasis Windows yang lebih tua pada awal 2018, dan berhenti mendukung semua perangkat OS BlackBerry.

Model iPhone dan Android yang terpengaruh:

iPhone
Jika Anda memiliki iPhone 4s, 5, 5s, 5c atau 6, maka Anda terpengaruh. Tapi Anda dapat memperbarui ke iOS 9 atau lebih baru untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp.

Jika Anda memiliki iPhone 4 atau lebih lama, Anda tidak dapat memperbarui ke iOS 9 dan akan kehilangan dukungan. Itu berarti Anda tidak bisa menggunakan whatsApp, kecuali Anda mengganti smartphone.

Android
Jika Anda membeli ponsel Android Anda sejak 2011, Anda baik-baik saja. Juga, jika Anda membeli smartphone Anda sebelum 2011, tetapi memiliki pembaruan ke Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) atau lebih baru Anda baik-baik saja.

Tapi jika Anda masih menjalankan Android 2.3.7 (Gingerbread), Anda akan kehilangan dukungan.

Loading...
Loading...