Sabtu, 01 Februari 2020 07:30 WITA

WhatsApp Mulai Lambat Terbuka, Siap-Siap Menerima Pesan Menyedihkan Sabtu 1 Februari

Editor: Abu Asyraf
WhatsApp Mulai Lambat Terbuka, Siap-Siap Menerima Pesan Menyedihkan Sabtu 1 Februari
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Kalau Anda sudah pernah mengalaminya, mungkin tidak terlalu sedih. Apalagi jika punya cukup uang untuk membeli smartphone yang baru.

Mulai Sabtu (1/2/2020) jutaan ponsel tak lagi bisa mengakses WhatsApp. Aplikasi milik Facebook itu sedang mempersiapkan pemusnahan yang akan mencegahnya digunakan pada sejumlah besar perangkat iOS dan Android.

WhatsApp berjarak beberapa jam lagi dari membuat banyak ponsel orang lebih atau kurang usang. 

Aplikasi milik Facebook berhenti mendukung sejumlah perangkat pada 31 Desember dan pada 1 Februari akan menyatakan lebih banyak handset iOS dan Android yang ketinggalan zaman. 

Jika perangkat Anda jatuh tempo untuk memo, Anda akan lebih lama dapat membuka WhatsApp. Sebagai gantinya, akan ditampilkan pesan menyedihkan yang memberi tahu Anda sudah waktunya untuk peningkatan. 

Tahun lalu, korban pemusnahan WhatsApp terbaru ditampilkan layar gelap kematian dan kata-kata: "Anda tidak dapat lagi menggunakan WhatsApp di ponsel ini, karena WhatsApp tidak lagi mendukungnya."

Kemudian menawarkan tautan untuk membantu korban 'belajar tentang beralih ke telepon baru'. 

Pada 31 Desember 2019, WhatsApp menarik dukungan untuk sistem operasi Windows Mobile. Orang-orang yang menggunakan perangkat ini diminta untuk melakukan upgrade. 

Menulis di situs teknologi Nigeria bernama Era Cyber, Chris Emejuru menulis deskripsi yang jelas tentang bagaimana rasanya melihat tampilan malapetaka yang ditakuti, yang menandai akhir suram perjalanan WhatsApp untuk Windows Phone-nya. 

"Aku ingin memeriksa sesuatu di WhatsApp di perangkat Windows Phone-ku dan menampar wajahnya!" dia menulis. 

Aplikasi ini memberi saya layar hitam. Itu hanya menampilkan pemberitahuan daripada melakukan apa yang diinstal untuk itu. 

"Mereka mengharapkan saya untuk pindah ke perangkat lain dengan paksa." 

loading...

Mulai besok (1 Februari), semua perangkat lunak yang menjalankan iPhone yang lebih tua dari iOS 7 tidak akan lagi didukung dan perangkat Android dengan versi 2.3.7 tidak akan diinstal. 

Ini berarti Anda memerlukan setidaknya iPhone 4 untuk menjalankan WhatsApp. Karena tidak dapat menjalankan iOS 8 dan karenanya tidak akan dapat membuka layanan olahpesan milik Facebook. Jutaan perangkat ini masih digunakan di seluruh dunia. 

Jadi, ponsel mana yang tidak berfungsi? IPhone terakhir yang dirilis dengan menjalankan iOS 7 adalah iPhone 5S dan iPhone 5C pada tahun 2013. 

Digantikan oleh iOS 8 pada tahun 2014 jadi jika Anda membeli iPhone (atau iPad) setelah tanggal tersebut, Anda akan baik-baik saja.

Demikian pula, Android 2.3.7 dikenal sebagai 'Gingerbread' dan diluncurkan pada tahun 2010. Pada bulan Februari 2011 telah digantikan oleh Android 3.0, juga dikenal sebagai Honeycomb. 

Kemungkinannya adalah, kecuali Anda masih menggunakan Google Nexus S atau Samsung Galaxy S, Anda mungkin akan baik-baik saja. 

Windows Mobile bahkan lebih tua, awalnya diluncurkan pada tahun 2003 dan berjalan hingga 2010 pada perangkat seperti Motorola MPx200. 

WhatsApp mengatakan bahwa siapa pun yang menggunakan ponsel lama ini tidak lagi dapat membuat akun baru atau memulai kembali akun yang ada. 

"Karena kami tidak lagi mengembangkan secara aktif untuk sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja," kata perusahaan itu dalam posting blog yang mengumumkan tanggal batas waktu. 

Kapan WhatsApp berhenti bekerja pada ponsel lama? WhatsApp secara teratur menghentikan dukungan untuk perangkat yang lebih lama. Memaksa pengguna untuk tetap mendapatkan informasi terbaru jika mereka ingin terus menggunakan aplikasi.

Loading...
Loading...