Senin, 27 Januari 2020 11:43 WITA

Pertama dalam Sejarah, Astronaut Berhasil Panggang Makanan di Luar Angkasa

Editor: Nur Hidayat Said
Pertama dalam Sejarah, Astronaut Berhasil Panggang Makanan di Luar Angkasa
Foto: Istimewa.

RAKYATKU.COM - Pertama kalinya dalam sejarah kue chocolate chip berhasil dipanggang di luar angkasa. Waktu memanggangnya pun lebih pendek daripada di bumi.

Eksperimen di luar angkasa kerap dilakukan para ilmuwan untuk menemukan fakta-fakta menarik. Tak hanya berkutat dengan dunia astronomi, para ilmuwan tersebut juga melakukan eksperimen pada tanaman dan makanan.

Dilansir Fox News, Senin (27/1/2020), astronaut yang berlokasi di Stasiun Luar Angkasa Internasional Nanoracks melakukan eksperimen dengan makanan. Mereka memanggang kue chocolate chip langsung di luar angkasa.

Biasanya memanggang kue kering memerlukan waktu cukup lama, setidaknya lebih dari 30 menit. Namun, astronaut ini memanggang biskuit hanya dalam 25 menit. Namun untuk waktu 25 menit ini hasilnya tidak terlalu matang.

Adonan kue chocolate chip tersebut dimasak menggunakan oven khusus yang diberi nama Zero G Oven. Suhu yang diperlukan dalam memanggang kue kering adalah 149°C

loading...

Lalu astronot bernama Luca Parmitano ini melakukan pemanggangan hingga 5 kali. Dan kue kering ke empatlah yang memiliki hasil matang merata, biskuit ke empat ini dipanggang dengan kurun waktu 2 jam (120 menit).

Dia pun mencoba untuk memanggang kue kering kelima dengan waktu agak lama sedikit yaitu 130 menit. Kue tersebut dipanggang dalam suhu 163°C, dan hasilnya jauh lebih baik dan memiliki aroma lebih harum dibandingkan dengan kue pertama yang tidak matang.

Cita rasa dari kue tersebut tidak diketahui seperti apa karena tidak dijelaskan oleh para astronaut. Kue chocolate chip tersebut langsung dikemas di dalam wadah spaceflight setelah matang untuk diuji kembali apakah bisa dimakan atau tidak.

Loading...
Loading...