Kamis, 23 Januari 2020 05:30 WITA

Magang di NASA, Remaja 17 Tahun Temukan Planet Baru

Editor: Nur Hidayat Said
Magang di NASA, Remaja 17 Tahun Temukan Planet Baru
Wolf Cukier. (Foto: Dogonews)

RAKYATKU.COM - Seorang siswa SMA bernama Wolf Cukier menemukan planet baru yang berada di luar sistem tata surya pada hari ke-3 magang di NASA. 

Wolf Cukier berusia 17 tahun melaporkan temuannya tersebut saat tugas pertamanya di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, Maryland, Amerika Serikat.

Dilansir Natureworldnews, Wolf Cukier menemukan planet baru yang dinamakan TOI 1338b dengan menggunakan teleskop pemburu alien luar angkasa, TESS. 

TOI 1338b mengorbit pada sepasang bintang yang berjarak lebih dari 1.300 tahun cahaya dari Bumi.

TOI 1338b menjadi planet biner pertama yang ditemukan oleh NASA. Planet ini berukuran hampir tujuh kali lebih besar dari Bumi dan terletak di rasi bintang Pictor.

loading...

Menurut NASA, planet-planet sirkumbiner seperti yang ditemukan Cukier bukanlah hal baru. Namun, planet-planet tersebut memang jarang ditemui.

Wolf Cukier mengatakan planet ini agak mirip seperti salah satu planet di film Star Wars, yaitu planet Tatooine. Dia memang merupakan penggemar berat Star Wars.

NASA akan mempelajari lebih lanjut tentang TOI 1338b hanya sampai November 2023, tepat saat kemiringan orbit di sekitar bintang menghalangi pencahayaan.

Loading...
Loading...