Rabu, 15 Januari 2020 16:46 WITA

Realme 3, Smartphone Harga 'Minimalis' Spesifikasi 'Maksimalis'

Editor: Nur Hidayat Said
Realme 3, Smartphone Harga 'Minimalis' Spesifikasi 'Maksimalis'

RAKYATKU.COM - Sukses dengan debut sebelumnya, Realme telah secara resmi merilis Realme 3 untuk dipasarkan di Indonesia pada Maret 2019. 

Brand asal Tiongkok ini berusaha menyaingi rival asal negaranya yang kini masih terbilang popular dan menjadi salah satu smartphone pilihan masyarakat Indonesia karena menawarkan harga yang sangat terjangkau namun dengan spesifikasi yang lumayan mewah. 

Realme 3 hadir dibanderol dengan harga yang terbilang murah di kelasnya, karena dengan harga Rp2 jutaan, namun memiliki spesifikasi dengan smartphone sekelas Rp3 jutaan.

Realme 3 dihadirkan dengan 3 varian RAM dan ROM, yakni untuk versi RAM 3GB/32GB, RAM 3GB/64GB, dan RAM 4GB/64GB. Untuk Realme 3 RAM 3/32GB dibanderol dengan Rp1,7 jutaan, Realme 3/64GB dibanderol dengan harga Rp1,9 jutaan, dan Realme 3 RAM 4/64GB dibanderol dengan harga Rp2,3 jutaan.

Pada paket box penjualannya, Realme 3 dilengkapi dengan handset, charger, kabel data Micro USB, softcase, buku manual, kartu garansi, dan sim ejector. Untuk warna, Realme 3 memiliki 2 varian yakni warna dynamic black dan radiant blue.

Operting System
Smartphone Realme 3 disokong dengan Operating system Andriod 9.0 Pie disajikan dengan Color OS V6.0, yang default tampil menawan dengan menu Drawer mode, namun masih dapat disetting dengan standar mode untuk tampilanya. 

Dengan sokongan Color OS V6.0 ini menjadikan-nya berbeda dengan generasi sebelumnya, warna yang dihasilkan mampu memanjakan mata dan antarmuka yang baik serta icon-icon dengan desain yang menarik.

Color OS V6.0 ini membawa fitur yang sangat memudahkan kita sebagai pengguna dalam mengakses fungsi maupun aplikasi pada smartphone ini, salah satunya untuk shortcut screen shot dapat dilakukan hanya dengan menyapukan 3 jari secara bersamaan dari atas ke bawah.

Desain
Tidak seperti generasi sebelumnya yang mengangkat tema desain diamond cut, Realme 3 hadir dengan paduan warna gradasi yang indah dan menarik pandangan mata tanpa memberikan motif nyata pada body belakangnya.

Hal ini menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa diremehkan pada smartphone ini, gradasi warna ini dikombinasikan dengan lapisan glossy yang reflektif sehingga menimbulkan kesan elegan. 

Namun kekuranganya dengan kesan glossy ini menimbulkan bekas sidik jadi yang menempel sangat terlihat sehingga terkesan jadi mudah kotor, namun hal tersebut dapat dihindari dengan memakaikan soft case yang telah disediakan pada box paket penjualan Realme 3.

Kesan mewah pada smartphone Realme 3 ini juga didukung dengan balutan desain unibody pada seluruh bagian sisi belakang hingga sekeliling sisi yang melengkung hingga area layarnya, ini bersumber dari satu material logam utuh yang menjadikan Realme 3 sangat nyaman digenggam dan terasa lebih kokoh pada saat digenggam.

Tombol power dari smartphone Realme 3 disematkan pada bagian sisi kanan, sedangkan untuk tombol volume dan slot SIM Card-nya ditempatkan pada sisi kiri. Realme 3 sudah mendukung 2 SIM Card dedicated dengan ukuran nano dan ditambahkan untuk penggunaan slot MicroSD. Pada sisi bagian bawah, kita akan mendapati slot charge Micro USB, lubang jack audio 3,5mm, grill speaker dan microphone.

Di bagian belakang kiri atas terdapat dual kamera utama masing-masing 13 megapixel dan 2 megapixel dengan disandingkan juga LED flash diantara itu yang disusun vertical. 

Realme juga menyematkan tulisan “Realme 3” pada bagian belakang yang sejajar dengan susunan kamera yang letaknya berada di area kiri bawah. Tidak hanya itu pada bagian belakang Realme 3 disematkan salah satu fitur keamanan dari smartphone ini, yakni fingerprint yang diletakan pada bagian tengah atas yang posisinya sangat pas dan sesuai dengan jari telunjuk ketika akan membuka kunci pada smartphone ini.

Layar
Pada bagian layar, Realme 3 diperkaya layar full screen IPS LCD yang memiliki ukuran 6.2 Inch dan beresolusi 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density) dengan bezel yang sangat tipis skitar 2.05mm. Realme 3 menawarkan ratio screen-to-body hingga 88,3% yang dapat menghasilkan tampilan ekstra lebar, dan tampilan yang lebih efisien. 

Tampilan ini memberikan pengalaman visual yang lebih baik saat melihat gambar, menonton video ataupun bermain game. 

Layar Realme 3 disebut sebagai layar yang kekininan dengan notch yang disebut konsep kamera dew drop atau tetesan air (tetesan embun) pada bagian tengah atas-nya. Pada layar bagian dengan disematkan kamera yang memiliki resolusi 13 megapixel dengan apature f/2.0 dan sudah diperkaya fitur mode beauty. 

Pada bagian bawah layar terdapat tombol navigasi dari smartphone ini. Disebutkan dari pihak Realme bahwa fitur notch ini merupakan upgrade dari generasi Realme yang sebelumnya. 

Salah satu kekurangan dari layarnya adalah yang belum menggunakan full HD, tetapi masih menggunakan kulitas HD namun masih mendukung penuh untuk menikmati konten visual ataupun game berat sekalipun salah satunya PUBG Mobile. Meskipun dihargai Rp. 2 jutaan, smartphone ini sudah diperkaya dengan lapisan corning gorilla glass 3 pada bagian layarnya untuk melindunginya dari goresan.

Kamera
Jangan menganggap remeh kamera dari Realme 3, walaupun dengan harganya yang berkisar Rp. 2 Jutaan, Realme 3 memiliki sudah disematkan bergbagai kecanggihan fitur dari kameranya. Kamera Realme 3 hadir dengan dua fitur unggulan yakni AI mode chroma boost dan nightscape yang ketika diaktifkan, kedua fitur baru ini menyajikan hasil foto lebih cemerlang meski dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Kamera utama belakang terdiri dari dual kamera yang masing-masing 13 megapixel dengan apature f/1.8 lensa 5P ditambah dengan kamera 2 megapixel yang sudah didukung dengan depth sensor, sedangkan pada bagian depan (kamera selfie) memiliki resolusi 13 megapixel dengan apature f/2.0.

Dengan fitur sensor AI mode chroma boost yang dimilikinya dapat menghasilkan hasil foto lebih hidup dan lebih detail, hasil foto akan tampak kaya warna karena kemampuan dari mode chroma boost ini salah satunya mampu meningkatkan saturasi warna objek, fitur ini juga ada yang menyebut-nya fitur super vivid.

Fitur nightscape pada Realme 3 mampu meningkatkan kualitas gambar walaupun pada kondisi cahaya yang minim. Secara cepat fitur ini membuat hasil foto yang lebih tajam pada kondisi cahaya yang minim atau pada malam hari dengan bantuan AI dan pemrosesan multi-frame, foto yang dihasilkan memiliki detail yang tinggi, kontras yang pas dan warna yang juga tetap akurat.

Dengan demikian kamera yang dimiliki Realme 3 ini mengungguli dari generasi sebelumnya dan generasi sekelasnya, dengan peningkatan fitur-fitur seperti diatas jika diukur dari harga yang ditawarkan Realme 3 ini merupakan smartphone kali pertama yang menghadirkan nightscape.

Konektivitas Jaringan
Realme 3 dibekali teknologi jaringan GSM / HSPA / 4G-LTE, selain itu WI-Fi b/g/n dan Bluetooth 4.2.

Performa 
Realme 3 dibekali Chipset MediaTek Helio 6.0 Octa-Core 2GHz, dengan pemrosesan 12nm didukung oleh ARM Mali-G72 MP3 GPU pada 800MHz / 900MHz untuk menjamin kinerja yang lancar. Realme mengklaim dengan dapur pacu 12nm ini akan lebih menghemat daya sampai 15% dibandingkan dengan dapur pacu 14nm.

Baterai
Ketahanan daya yang diberikan pada Realme 3 dengan kapasitas 4320 mAh akan mampu bekerja seharian penuh atau 24 jam dalam kondisi standby. Dengan kapasitas tersebut perlu waktu sekitar 3 jam 10 menit untuk mengisi dari 100% dari daya 3%. 

Realme 3 didukung dengan Mode Screen Battery Optimization yang dapat mengoptimalkan kinerja baterai, fitur yang membawa Content Adaptive Backlight Control ini secara otomatis dapat menyesuaikan rasio kontras pada setiap konten yang ditampilkan. 

Tidak hanya itu fitur ini mampu mengatur gambar terlihat jelas dengan tetap mempertahankan kecerahan rendah, mengurangi arus pada layar dan menghemat daya. Pada kondisi pemakaian normal sehari-hari Realme 3 dapat menemani Anda selama kurang lebih 11 jam 4 menit. Dengan demikian tidak perlu khawatir untuk dipakai aktifitas seharian dan tidak perlu tergantung pada powerbank.

Game Space
Dengan bungkusan teknologi yang dimiliki Realme 3 tidak perlu khawatir untuk performa game, telah melewati pengujian Realme 3 mampu menjalankan game-game popular seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, AoV (Arena of Valor), dan Garena Free Fire. 

Walaupun dengan sentuhan grafis yang belum full HD namun performa yang baik diberikan oleh Realme 3 pada game tersebut. Untuk mendukung performa game, Realme 3 dibekali fitur Realme Game Space. 

Fitur ini secara otomatis menyimpan game setiap kali aplikasi game baru diinstal, tidak hanya itu Game Space pada Realme 3 yang sudah ditingkatkan dengan keunggulan Balance mode membantu meningkatkan performa pada saat bermain game, mode block banners dan signal strength juga memaksimalkan pengalaman dan kenyamanan pada saat bermain game.

Fingerprint dan Unlock Face
Untuk meningkatnya keamannya, Realme 3 membawa fitur unggulan yang biasanya berada pada smartphone dengan harga Rp. 3 Jutaan keatas. Pada bagian belakang smartphone ini terdapat fitur fingerprint yang pas ditempatkan untuk posisi jari telunjuk dari penggunanya. 

Posisi yang sesuai ini membuat kita nyaman pada saat membuka kunci, terlebih dengan respon super cepat dari sensor daya fingerprint ini menjadikan kinerja Realme 3 semakin baik dan menarik perhatian untuk dijadikan smartphone andalan. Tidak nya itu fitur unlock face yang juga menjadi salah satu keunggulan dari smartphone ini menjadi salah satu solusi apabila jari sedang tidak bisa untuk membuka kunci. 

Fitur unlock face nya mampu mengenali wajah dengan cepat walaupun pada kondisi suasana yang minim cahaya, demi keamanannya Realme 3 hanya memberikan satu wajah untuk didaftarkan pada salah satu smartphone canggih besutan negeri Tiongkok ini.

Riding Mode
Salah satu keunggulan Realme 3 juga hadir dengan membawa fitur Riding Mode, yakni fitur yang dapat dimanfaatkan pada saat berkendara. Dengan pengaturan yang dapat membisukan semua notifikasi sehingga perjalanan dapat dilalui dengan nyaman tanpa terganggu. 

Selain itu pada fitur ini memungkinkan untuk mengatur daftar panggilan masuk yang hanya diizinkan saja, sehingga dapat menolak panggilan dari kontak yang belum terdaftar dan akan menjawabnya secara dengan SMS otomatis. Selain itu, setelan yang dapat dipakai adalah dapat dengan mudah mengatur tampilan layar negatif yang tidak diinginkan untuk menghasilkan tampilan antarmuka yang lebih menarik.

Loading...
Loading...

Berita Terkait