Jumat, 06 Desember 2019 01:30 WITA

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak HP

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak HP

RAKYATKU.COM - Meski kadang sepele, ternyata ada beberapa hal yang sangat berisiko merusak HP. 

Untuk kamu yang penasaran kira-kira aktivitas sepele seperti apa yang biasa diremehkan orang-orang, namun justru berisiko merusak HP, berikut daftarnya selengkapnya:

1. Hindari penggunaan HP di tempat panas

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar, alangkah lebih baik untuk menghindari penggunaan HP pada ruang terbuka yang panas.

Normalnya, kamu dapat menggunakan HP di temperatur udara 16 hingga 30 derajat. Selain itu, kamu dapat menggunakannya di ruangan tertutup guna untuk menjaga performa dan kualitas daya HP.

2. Memilih case HP yang tepat

Saat ini, tersedia beragam aksesori menarik untuk HP di pasaran. Adapun, aksesori yang paling sering digunakan, yaitu case atau sarung HP. Dengan beragam motif, warna, dan model, banyak orang yang terkecoh membeli, bahkan tanpa mempertimbangkan apakah berdampak untuk HP atau tidak.

Dilansir Idntimes, pilihlah case HP yang dapat melepas panas. Kalau tidak bisa, kamu bisa lepaskan case saat HP sedang terisi daya.

3. Lupa mematikan WiFi dan Bluetooth dalam jangka waktu lama

loading...

Rata-rata, hal seperti ini sering terjadi kepada pengguna HP pintar yang sudah berusia dewasa. Saking repotnya mengecek HP, kadang secara tidak sengaja WiFi atau Bluetooth tertekan.

Hal ini sangat berisiko karena membuat HP harus terus mencari koneksi dan membuat performanya pun melemah. Oleh sebab itu, pastikan HP kamu dilengkapi fitur mengunci otomatis agar tidak mudah tersentuh secara tak sengaja.

4. Mengisi daya semalaman

Siapa yang suka mengisi daya HP semalaman? Rasanya, hampir sebagian besar orang melakukan hal tersebut guna mempersiapkan HP dengan baterai penuh esok hari.

Namun, apabila kamu terlalu sering mengisi daya semalaman, HP akan menjadi overcharging sehingga baterai cepat rusak. Lebih baik, kamu memiliki adaptor yang dibekali timer sehingga HP pun aman bila diisi daya pada malam hari.

5. Hindari mengisi daya dengan laptop, mobil, dan power bank abal-abal

Di sela-sela aktivitas, kita kadang melakukan pengisian baterai HP di laptop, mobil, maupun menggunakan power bank abal-abal. Hal ini bukan hanya akan berpotensi merusak HP kamu, namun juga dapat merusak laptop yang kamu gunakan.


 

Loading...
Loading...