Rabu, 04 Desember 2019 18:01 WITA

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin Mundur dari Perusahaan Induk

Editor: Suriawati
Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin Mundur dari Perusahaan Induk
Getty Images

RAKYATKU.COM - Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin telah mengumumkan bahwa mereka akan mengundurkan diri dari perusahaan induk raksasa online itu.

Saat ini masing-masing dari mereka berperan sebagai kepala eksekutif dan presiden Alphabet.

Sementara itu, CEO Google saat ini, Sundar Pichai akan menggantikan mereka dan menjadi CEO Alphabet.

Alphabet diciptakan pada tahun 2015 sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan Google, yang didirikan oleh Page dan Brin di garasi California pada tahun 1998.

Perusahaan induk itu dimaksudkan untuk membuat kegiatan Google "lebih bersih dan lebih bertanggung jawab," karena telah menjangkau bisnis lain, selain hanya mesin pencarian.

Sejak saat itu, Page dan Brin pindah dari Google ke Alphabet, untuk fokus memulai inisiatif baru.

Tetapi setelah empat tahun, melalui sebuah postingan blog pada hari Selasa, kedua pria ini mengumumkan bahwa mereka mundur dari manajemen sehari-hari perusahaan.

Namun, mereka akan tetap aktif terlibat sebagai anggota dewan, pemegang saham, dan pendiri perusahaan.

Loading...

Mereka juga menyatakan bahwa perusahaan tidak lagi membutuhkan dua pemimpin, dan "tidak ada orang yang lebih baik untuk memimpin perusahaan ke masa depan selain Pichai."

Pichai saat ini berusia 47 tahun, setahun lebih tua dari kedua pendiri Google tersebut. Dia lahir di India, dan melanjutkan pendidikan di Universitas Stanford dan Universitas Pennsylvania. Dia bergabung dengan Google pada tahun 2004.

Sundar Pichai sekarang akan berfungsi sebagai CEO dari Alphabeth dan Google.

Dalam sebuah pernyataan, dia mengatakan "bersemangat" tentang transisi ini, dan memberikan penghormatan kepada Page dan Brin.

"Para pendiri telah memberi kita semua kesempatan luar biasa untuk memiliki dampak pada dunia," kata Pichai. "Berkat mereka, kami memiliki misi abadi, nilai-nilai abadi, dan budaya kolaborasi dan eksplorasi yang membuat pekerjaan menarik setiap hari."

Saat ini, Page dan Brin berada di peringkat 10 dan 14 orang terkaya di dunia, menurut Forbes.

Sementara itu, Alphabet disebut sebagai perusahaan publik terbesar ke-17 di dunia, dengan perkiraan nilai pasar $ 863milyar.

Tags
Loading...
Loading...