Rabu, 04 Desember 2019 10:02 WITA

TikTok Digugat Karena Kirim Data Pengguna AS ke China

Editor: Suriawati
TikTok Digugat Karena Kirim Data Pengguna AS ke China
Getty Images

RAKYATKU.COM - TikTok telah digugat di AS karena dituduh mentransfer data pengguna dalam jumlah yang sangat besar ke China.

Gugatan itu menuduh ByteDance, perusahaan pengembang TikTok, telah "mengambil konten tanpa persetujuan."

"TikTok secara sembunyi-sembunyi ... menyedot dan mentransfer sejumlah besar data pengguna pribadi dan identitas pribadi ke server di China," demikian bunyi gugatan tersebut, yang diajukan di pengadilan California pekan lalu.

Gugatan itu menuduh bahwa data dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak pengguna di AS "sekarang dan di masa depan".

Gugatan itu juga menyatakan bahwa TikTok memperoleh untung  dengan menggunakan data yang dipanen untuk memperoleh "pendapatan dan laba iklan bertarget besar".

Loading...

Penggugat bernama Misty Hong, seorang mahasiswa universitas yang berbasis di California. Hong mengklaim dia mengunduh aplikasi ini tahun ini tetapi tidak membuat akun.

Beberapa bulan kemudian dia menuduh firma itu telah membuat akun untuknya, dan "diam-diam" mengambil draft video yang dia buat, yang tidak ingin dia publikasikan.

BBC mengatakan bahwa TikTok belum menanggapi permintaan komentar. Namun mereka sebelumnya mengatakan bahwa mereka tidak menyimpan data AS di server China.

Tags
Loading...
Loading...