Senin, 11 November 2019 01:00 WITA

Empat Fitur Baru WhatsApp yang Baru Dirilis

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Empat Fitur Baru WhatsApp yang Baru Dirilis

RAKYATKU.COM - WhatsApp terus menambah fitur baru sesuai kebutuhan penggunanya. Ini juga jadi salah satu alasan WhatsApp jadi aplikasi pesan instan paling populer.

Di minggu-minggu ini saja, setidaknya ada empat fitur baru yang ditambahkan WhatsApp ke layanannya. Beberapa fitur tampaknya receh, tapi nyatanya sangat bermanfaat bagi pengguna. 

Dilansir laman detikINET, berikut ini deretan fitur tersebut:

1. Hilangnya Notifikasi Chat

Banjir notifikasi di layar ponsel pastinya tidak nyaman dan mengganggu. Apalagi kalau notifikasi tersebut berasal dari aplikasi chat seperti WhatsApp.

Karenanya, WhatsApp menyediakan fitur untuk melakukan mute atau membungkam pesan-pesan tersebut baik dari chat personal ataupun grup.

Sayangnya, meskipun sudah di-mute, notifikasi tersebut masih muncul di layar ponsel. Ya memang, pemberitahuan tersebut bukan berupa pop-up pesan, melainkan ikon WhatsApp yang menandakan ada pesan baru. Meski receh alias sepele, banyak pengguna merasa jengkel dengan ikon tersebut.

Nah, WhatsApp pun merilis update untuk menghilangkan ikon tersebut. Jadi, pengguna yang telah mute sebuah pesan tidak akan lagi melihat ikon notifikasi yang mengganggu di layar ponsel.

Update receh tapi bermanfaat ini pertama kali ditemukan oleh Tom Wareen, editor situs teknologi The Verge. Lewat cuitannya di Twitter, dia mendeskripsikan update baru tersebut dan memberitahukan bahwa sejauh ini baru berlaku untuk pengguna iOS versi 2.19.110.

"Obrolan yang dibungkam tidak akan lagi menampilkan pemberitahuan berdasarkan ikon aplikasi saat kalian menerima pesan baru," tulisnya, seperti dikutip detikINET dari Trusted Reviews. Dia bahkan memuji update ini merupakan perubahan terbaik yang pernah ada di WhatsApp.

Loading...

2. Pengaman Sidik Jari di Android

WhatsApp mengumumkan fitur barunya yang memungkinkan pengguna mengamankan chat-chat-nya dari intipan orang jail. Fitur tersebut dinamai Fingerprint Lock alias kunci sidik jari, yang kini sudah resmi dirilis untuk perangkat Android.

Adapun untuk perangkat iOS sudah mendapatkan fitur keamanan melalui Touch ID dan Face ID pada awal tahun ini.

"Hari ini kami memperkenalkan autentikasi serupa yang memungkinkan Anda membuka kunci aplikasi dengan sidik jari pada telepon Android yang didukung," demikian keterangan WhatsApp.

Cara pakainya mudah, pengguna terlebih dahulu meng-update versi terbaru WhatsApp di Play Store. Setelah itu masuk ke halaman depan WhatsApp, pilih ikon titik tiga di ujung kanan atas.

Pilih Setelan (Settings) >> menu Akun (Accounts), setelah itu pilih Privasi (Privacy), kemudian aktifkan Kunci Sidik Jari (Fingerprint Lock).

Pastikan ponselmu sudah mendukung fitur sidik jari, karena untuk bisa mengaktifkan fitur ini kamu harus melakukan setting di ponsel terlebih dahulu.

Sebagai tambahan, ketika kamu sudah mengaktifkan fitur ini, meski WhatsApp dalam keadaan terkunci, pengguna tetap bisa menerima panggilan video atau telepon di aplikasinya.

HALAMAN
1 2
Loading...
Loading...