Kamis, 07 November 2019 11:51 WITA

Vladimir Putin Ingin Wikipedia Dilarang dan Diganti Buatan Rusia

Editor: Suriawati
Vladimir Putin Ingin Wikipedia Dilarang dan Diganti Buatan Rusia
Vladimir Putin

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan bahwa Wikipedia harus dilarang dan diganti dengan versi Rusia, yang dapat memberikan informasi terpercaya.

"Lebih baik menggantinya dengan Great Russian Encyclopedia dalam bentuk elektronik," katanya, menurut kantor berita RIA.

"Ini dia informasi yang dapat dipercaya dalam bentuk modern yang bagus," tambahnya.

Pengumuman Putin mengikuti peraturan internet baru yang mulai berlaku pada hari Senin, yang memungkinkan Rusia untuk mengisolasi web-nya dari seluruh dunia.

Para kritikus mengatakan undang-undang baru ini memungkinkan intranet Rusia (mirip dengan yang digunakan oleh China) memblokir konten tanpa memberikan alasan apa pun.

Namun pemerintah mengklaim itu untuk alasan keamanan nasional jika terjadi 'darurat'.

Loading...

Undang-undang tersebut mengamanatkan bahwa penyedia layanan internet memasang peralatan yang disebut DPI, yang dapat memblokir dan menyaring lalu lintas dari sumber-sumber tertentu.

Ini berarti bahwa badan telekomunikasi negara itu, Roskomnadzor, dapat dengan lebih mudah memblokir situs web.   

Langkah untuk mengisolasi infrastruktur internet Rusia, yang biasa dijuluki 'RuNet', telah disertai dengan undang-undang untuk membatasi akses warga negaranya ke situs-situs tertentu.

Misalnya, Undang-undang Rusia tahun 2006 membatasi akses ke layanan seperti LinkedIn, aplikasi SMS terenkripsi Telegram dan aplikasi 'radio' Zello.

Loading...
Loading...