Senin, 04 November 2019 07:00 WITA

Stop Cek Ponsel Saat Bangun Tidur, Ini Alasannya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Stop Cek Ponsel Saat Bangun Tidur, Ini Alasannya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Bagi pekerja kantoran, mengecek ponsel merupakan aktivitas yang sering dilakukan di pagi hari ketika baru bangun tidur.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang suka mengecek ponsel begitu bangun tidur, mulai sekarang stop kebiasaan tersebut. Mungkin awalnya kamu hanya mengecek notifikasi chat yang masuk. 

Tapi, hal ini bisa berlanjut pada melihat-lihat notifikasi dan pembaharuan di media sosial, yang tanpa sadar akhirnya membuat kamu menghabiskan waktu pagi untuk hal yang sia-sia.

Kebiasaan ini tidak hanya merugikan kesehatan, tapi juga merusak kesehatan mental. Dilansir Suara dari Times of India, Sister Shivani, pelatih motivasi, mengungkap kegiatan positif di pagi hari yang bisa membuat hari kamu jadi lebih bermakna.

Menurutnya, saat bangun tidur, jangan langsung mencari ponsel. Kesehatan mental dan emosional kita didasarkan pada apa yang kita tonton, baca, atau dengarkan. 

Banyak sebagian konten yang dikonsumsi cenderung negatif dan tidak berkualitas. Akibatnya, hal ini malah akan memengaruhi mood dan produktivitas kamu seharian.

Jadi, coba periksa lagi konten apa yang kita tonton. Jenis konten yang kita konsumsi juga dapat mencerminkan seperti apa diri kita.

Loading...

Berikut cara mengalihkan diri dari dorongan mencari ponsel di pagi hari:

Pertama, saat pagi hari, jauhkan handphone. Ini adalah salah satu kebiasaan yang sebagian besar dari kita sulit untuk melakukan.

Kedua, lakukan refleksi, semacam memikirkan apa yang akan dilakukan hari ini, dan apa saja yang telah dilakukan kemarin dan akan dilanjutkan hari ini.

Ketiga, tanamkan pikiran bahwa 'Apa yang saya tonton mencerminkan diri saya'.

Keempat, habiskan satu jam di pagi hari untuk berolahraga dan meditasi. Lakukan hal ini setiap hari.

Loading...
Loading...