Minggu, 27 Oktober 2019 19:06 WITA

NASA Berencana Kirim Robot Pemburu Air ke Bulan

Editor: Suriawati
NASA Berencana Kirim Robot Pemburu Air ke Bulan
INT

RAKYATKU.COM - NASA akan mengirim robot berukuran kereta golf ke bulan untuk mencari simpanan air di bawah permukaan.

Misi ini akan dilakukan pada tahun 2022, sebagai upaya untuk mengevaluasi sumber daya vital sebelum manusia dikirim ke bulan pada tahun 2024.

Dalam sebuah pengumuman pada hari Jumat, NASA mengatakan bahwa jika air ditemukan, maka itu bisa menjadi minuman astronot, serta digunakan sebagai bahan bakar roket.

Robot itu dinamai VIPER, dan akan berkendara bermil-mil di permukaan bulan yang berdebu. Itu akan memeriksa lebih dekat apa yang telah disebut-sebut oleh administrator NASA, Jim Bridenstine bahwa ada "ratusan juta ton es air" di bawah permukaan bulan.

"VIPER akan menilai di mana es air berada. Kita akan dapat mengkarakterisasi es air, dan pada akhirnya mengebor," kata Bridenstine pada hari Jumat di Kongres Astronautika Internasional di Washington.

"Mengapa ini penting? Karena es air mewakili sesuatu yang signifikan. Dukungan kehidupan."

VIPER adalah kependekan dari Volatiles Investigating Polar Exploration Rover. Itu diperkirakan akan tiba di wilayah kutub selatan bulan bulan pada bulan Desember 2022, sambil membawa empat instrumen untuk mengambil sampel tanah bulan.

NASA sedang dalam proses memulai program Artemis-nya, untuk mengirim kembali manusia ke bulan untuk pertama kalinya sejak tahun 1970-an.

Para ilmuwan telah mengamati air bulan sebagai sumber daya utama untuk memungkinkan misi astronot jangka panjang di bulan, meskipun bentuk dan jumlah pastinya tidak diketahui. Dan VIPER akan berusaha mencari tahu.

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait