Jumat, 11 Oktober 2019 13:35 WITA

Dear Penganut Teori Bumi Datar: "Alhamdulillah", Astronaut Arab Saksikan Bumi Itu Bulat

Editor: Nur Hidayat Said
Dear Penganut Teori Bumi Datar:
Hazza Al Mansouri. (Foto: Gulf News)

RAKYATKU.COM - Hazza Al Mansouri belakangan ini jadi sorotan. Dia merupakan astronaut United Arab Emirates (UAE) pertama yang menjelajah luar angkasa.

Dilansir The National, saat mendarat kembali di Bumi, kata pertama yang terucap olehnya adalah "alhamdulillah".

Al Mansouri berangkat dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dengan menggunakan roket Soyuz Rusia pada 25 September. Dia kembali pada 3 Oktober usai serangkaian percobaan ilmiah di ISS.

Pada sebuah konferensi pers di Moskow, Rusia, Al Mansouri berbicara tentang pentingnya misi delapan hari ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

"Pesan kami benar-benar untuk membuat model kami sendiri di negara kami, di wilayah Arab, seperti yang kami lihat di Yuri Gagarin (manusia pertama di luar angkasa)," tuturnya.

Al Mansouri berharap ada astronaut asal UAE lain yang juga berkesempatan pergi ke luar angkasa. 

Loading...

"Sekarang misi saya adalah untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman (saya) dari pelatihan saya di Star City dan naik stasiun ke (astronot) berikutnya dan saya berharap mereka akan melakukan lebih baik daripada saya," katanya.

Al Mansouri belajar bahasa Rusia sebelum misinya. Dia menunjukkan keterampilan bahasanya selama konferensi, yakni berbicara dalam bahasa Inggris, Arab, dan Rusia.

"Mereka bertanya kepada saya sebelumnya, sebelum misi saya, apa yang paling saya rindukan dari stasiun dan saya memberi tahu mereka 'gaya berat mikro' tetapi saya ingat bahwa, ketika kami membuka kunci, saya berpikir dalam hati 'selamat tinggal teman-teman saya di stasiun'," ungkapnya.

Dia juga ditanya apakah dirinya bisa menghilangkan teori konspirasi tentang Bumi datar. "Itu bola (bulat), aku sudah melihatnya dengan mataku sehingga aku bisa mengatakan ini kepadamu sendiri," jawabnya.

Loading...
Loading...