Selasa, 08 Oktober 2019 17:04 WITA

Saturnus Salip Jupiter Sebagai Planet Dengan Bulan Terbanyak

Editor: Suriawati
Saturnus Salip Jupiter Sebagai Planet Dengan Bulan Terbanyak
NASA

RAKYATKU.COM - Saturnus sekarang telah melampaui Jupiter sebagai planet dengan jumlah bulan terbanyak.

Menurut peneliti AS, mereka telah menemukan 20 bulan baru yang mengorbit planet cincin, sehingga totalnya menjadi 82. Sementara itu, Jupiter hanya memiliki 79 bulan.

Bulan-bulan itu ditemukan menggunakan teleskop Subaru di Maunakea, Hawaii.

Peneliti mengatakan, setiap objek yang baru ditemukan itu berdiameter sekitar 5 km. 17 dari mereka mengorbit planet dengan cara "mundur". Ini dikenal sebagai arah retrograde. Tiga bulan lainnya mengorbit dalam arah prograde, arah yang sama dengan rotasi Saturnus.

Dua bulan prograde membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk melakukan perjalanan sekali di sekitar planet cincin.

Para ilmuwan berpikir bahwa bulan retrograde dan prograde adalah sisa-sisa dari setidaknya tiga tubuh yang lebih besar. Benda-benda yang lebih besar ini dihancurkan oleh tabrakan, baik di antara bulan-bulan yang berbeda atau dengan benda-benda luar seperti asteroid yang lewat.

Loading...

Bulan terluar dalam jarak yang baru tampaknya dikelompokkan menjadi tiga kelompok yang berbeda, berdasarkan kecenderungan sudut di mana mereka mengorbit planet itu.

"Mempelajari orbit bulan-bulan ini dapat mengungkapkan asal usulnya, serta informasi tentang kondisi di sekitar Saturnus pada saat pembentukannya," kata Dr Scott Sheppard, dari Carnegie Institution for Science di Washington DC, yang memimpin tim.

Saturnus Salip Jupiter Sebagai Planet Dengan Bulan TerbanyakDr Sheppard mengatakan lebih banyak bulan mungkin menunggu untuk ditemukan di sekitar Saturnus. Tetapi para astronom akan membutuhkan teleskop yang lebih besar.

Sekarang, tim peneliti telah memulai kontes untuk menamai bulan. Mereka harus dinamai berdasarkan raksasa dari mitologi Norse, Gallic atau Inuit.

Dr Sheppard mengatakan kepada BBC News bahwa sebelum ini, Jupiter telah dikenal sebagai planet dengan bulan terbanyak sejak akhir 1990-an.

Loading...
Loading...