Senin, 07 Oktober 2019 12:21 WITA

Pria Lumpuh Bisa Berjalan Berkat Bantuan Alat yang Dikendalikan Otak

Editor: Suriawati
Pria Lumpuh Bisa Berjalan Berkat Bantuan Alat yang Dikendalikan Otak
INT

RAKYATKU.COM - Seorang pria yang lumpuh dari pundak ke bawah, berhasil berjalan berkat bantuan robot yang dikendalikan dengan pikiran.

Sebelum tonggak bersejarah ini, pria Prancis bernama Thibault itu telah berlatih dengan peneliti di University of Grenoble selama dua tahun terakhir.

Thibault menderita cedera tulang belakang leher yang membuatnya tidak bisa mengendalikan kakinya.

Untuk membuatnya mengendalikan sesuatu melalui sinyal otak, para peneliti menanamkan dua sensor antara kulit dan otaknya.

Sensor-sensor itu mampu merekam aktivitas otak di sensorimotor cortex, bagian otak yang mengendalikan gerakan dan sensasi.

Langkah selanjutnya adalah melatih suatu algoritma untuk menafsirkan sinyal, dan menerjemahkannya menjadi gerakan.

Loading...

Pasien melakukan ini dengan memainkan permainan berupa memindahkan platform ke kiri atau kanan untuk menangkap bola digital. Dia juga berlatih gerakan yang lebih rumit, seperti mengulurkan tangan, dan memutar pergelangan tangan melalui simulasi virtual.

Pada awal latihan, Thibault  bisa menggerakkan lengan mesin untuk menyentuh berbagai tuas. Dan pada akhirnya, dia bisa berjalan dengan robot melekat di belakang tubuhnya.

Peneliti mengatakan, sistem robot buatannya akan dapat membantu untuk pasien tetraplegia (kehilangan kendali di tungkai). 

Namun sistem masih belum siap untuk pasien. Namun, apa yang dilakukan para peneliti sangat luar biasa, karena mampu melatih algoritma yang menginterpretasikan sinyal otak dan mengubahnya menjadi gerakan fisik

Loading...
Loading...