Senin, 07 Oktober 2019 08:00 WITA

Wajib Tahu! 7 Penyebab Smartphone Sering Panas

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Wajib Tahu! 7 Penyebab Smartphone Sering Panas

RAKYATKU.COM - Smartphone diketahui tidak memiliki pendingin built in. Makanya, tidak jarang gadget satu ini mengalami overheating. 

Tidak hanya panas, kinerja smartphone pun melambat. Tentu ini membuat kamu tidak nyaman, kan? 

Pada dasarnya, setiap alat elektronik akan menjadi hangat saat digunakan. Ini adalah hal yang normal. Saat aliran listrik bekerja, mereka akan menghasilkan panas. 

Akan tetapi saat suhu itu terus meningkat, bisa jadi ada masalah yang lebih serius. Berikut ini alasan di balik terjadinya overheating pada smartphone kamu.

1. Terlalu banyak multi tasking

Kamu pasti pernah membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Apalagi untuk pengguna Android yang sudah bisa menerapkan split screen.

Multi tasking di smartphone akan membuat banyak aplikasi yang dibiarkan terbuka. Tentunya ini akan membuatnya bekerja dengan ekstra sehingga suhu yang dihasilkan semakin tinggi.

2. Gaming dalam waktu yang sangat lama

Saat sedang asyik bermain game, orang bisa sampai lupa waktu. Apalagi kalau sedang main bareng. Rasanya kalau belum menyelesaikan satu level, belum puas. Setelah bermain game, bisa dipastikan smartphone kamu akan jadi panas.

Dilansir laman Idntimes, ini karena game ternyata banyak menggunakan RAM dan inti pemrosesan smartphone. Ditambah lagi, di dalamnya banyak grafis yang harus diproses.

3. Pengaturan smartphone kamu kurang optimal

Pengaturan smartphone juga bisa mempengaruhi seberapa banyak energi yang digunakan. Misalnya brightness yang terlalu tinggi, menggunakan animated wallpaper, hingga terlalu banyak widgets yang kamu pasang.?????

4. Terlalu banyak terpapar sinar matahari atau udara panas

Loading...

Tidak hanya faktor dari dalam, faktor luar juga bisa mempengaruhi overheating. Contohnya, saat kamu meninggalkan smartphone di dalam mobil yang mati dan terpapar sinar matahari.

Setelahnya smartphone kamu akan menjadi sangat panas seakan mau meledak. Ini karena komponennya banyak terbuat dari logam yang menyerap panas.

5. Menggunakan smartphone saat dicharge

Saat smartphone dicharge sebaiknya jangan digunakan terlebih dulu. Tenang saja, baterai tidak akan rusak, kok.

Akan tetapi ini akan membuat smartphone semakin panas. Selain itu, proses pengisian akan memakan waktu yang lebih lama.

6. Setelah upgrade OS

Kinerja background processing smartphone akan meningkat setelah kamu upgrade OS. Ini karena OS baru menambahkan fitur-fitur yang bisa membuat smartphone bekerja lebih keras.

Namun ini menjadi tidak wajar ketika panas tidak kunjung menurun dalam beberapa minggu. Jika ini terjadi, kamu harus segera membawanya ke service centre.

7. Smartphone diserang virus atau malware

Virus dan malware bisa berasal dari aplikasi, iklan, dan berbagai file yang diunduh dari internet. Mereka akan menggunakan bermacam software lain untuk menyebarkan diri. Kinerja smartphone kamu pun akan melambat, lagging, dan tentunya overheating.

Tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi hal ini. Kamu bisa install aplikasi cooling down untuk mendeteksi dan “menurunkan panas” smartphone kamu. Selain itu, coba hindari menggunakan smartphone terlalu lama tanpa jeda waktu.
 

Loading...
Loading...