Minggu, 06 Oktober 2019 11:30 WITA

China dan Taiwan Berperang Dalam Penyuntingan Misterius Wikipedia

Editor: Suriawati
China dan Taiwan Berperang Dalam Penyuntingan Misterius Wikipedia
INT

RAKYATKU.COM - Baru-baru ini Wikipedia mengalami ribuan penyuntingan misterius, yang melibatkan China dan Taiwan.

Dalam satu hari, deskripsi Taiwan di Wikipedia bahasa Taiwan berubah beberapa kali dari 'negara di Asia Timur' menjadi 'provinsi di Republik Rakyat Cina'.

Dan suntingan misterius itu tidak hanya memengaruhi Taiwan. 

Halaman untuk protes Hong Kong bahkan diubah 65 kali dalam satu hari. Penulis halaman terus tidak setuju apakah para pengunjuk rasa adalah demonstran atau perusuh.

Selain itu, entri bahasa Inggris tentang pulau-pulau Senkaku mengklaim mereka adalah 'pulau-pulau di Asia Timur', sementara Wikipedia berbaha Mandarin diedit menjadi 'wilayah inheren Tiongkok'.

Selanjutnya, Protes Lapangan Tiananmen 1989, yang menurut perkiraan Amnesty International menewaskan 1.000 orang, diubah dalam bahasa Mandarin menjadi 'insiden 4 Juni' untuk 'memadamkan kerusuhan kontra-revolusioner'. 

Loading...

Pengeditan lainnya adalah Dalai Lama. Di halaman entri Bahasa Inggris Wikipedia ia digambarkan sebagai seorang pengungsi Tibet sedangkan yang berbahasa Mandarin, ia adalah orang Tionghoa yang hidup di pengasingan.

Menanggapi semua perubahan ini, Jamie Lin, anggota dewan Wikimedia Taiwan menduga bahwa Wikipedia sedang diserang.

"Ini kontrol oleh Pemerintah China. Itu sangat mengerikan," katanya pada BBC.

Investigasi BBC Click menemukan hampir 1.600 suntingan bias di 22 artikel yang sensitif, tapi tidak dapat menemukan siapa yang melakukan semua itu.

Loading...
Loading...