Kamis, 05 September 2019 06:00 WITA

Bukan Mimpi, Begini Cara Mudah Berkomunikasi dengan 40 Bahasa

Editor: Abu Asyraf
Bukan Mimpi, Begini Cara Mudah Berkomunikasi dengan 40 Bahasa
Translaty memudahkan komunikasi dengan orang yang berbeda bahasa.

RAKYATKU.COM - Teknologi membuat banyak hal menjadi jauh lebih mudah. Termasuk dalam berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain yang beda negara dan bahasa.

Mungkin Anda menganggap hanya orang yang fasih berbahasa Inggris yang bisa berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai negara.

Anggapan itu ada benarnya, namun tidak selalu betul. Sebab, orang lain itu tentu harus fasih berbahasa Inggris pula. 

Baru-baru ini, seorang jemaah haji asal Sulawesi Selatan membuat vlog di Tanah Suci. Pria yang menjabat kepala kantor Kemenag di salah satu kabupaten itu berbicara dengan seorang jemaah asal Turki sambil berjalan.

Jemaah asal Sulsel ini berbicara dalam bahasa Bugis. Sementara pria Turki itu juga berbicara dalam bahasanya sendiri. Nyambung?

Rasanya tidak masuk akal. Faktanya, perbincangan terjadi seolah-olah mereka saling memahami bahasa masing-masing. Saat ditanya dengan bahasa Bugis, jemaah Turki itu juga menjawab dengan bahasa Turki.

Pria Bugis ini seolah-olah mengerti, terus bertanya dalam bahasa Bugis. Bisa jadi keduanya atau salah seorang di antaranya tidak bisa berbahasa Inggris sehingga mereka memilih berkomunikasi dengan cara seperti itu.

Teknologi hadir memberi solusi. Keduanya sebenarnya bisa berbicara dengan saling memahami arti yang diucapkan. Salah satunya dengan menggunakan Translaty.

Perangkat seukuran saku ini memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan hampir semua orang di planet ini dalam bahasa mereka sendiri tanpa harus kursus sepatah kata pun.

Hingga saat ini, Translaty hanya digunakan oleh para pemimpin dunia, tetapi hingga hari ini akhirnya tersedia untuk siapa saja.

Sekarang semua orang dapat berkomunikasi beberapa bahasa tanpa menghabiskan ratusan untuk kursus bahasa.

Translaty dibuat oleh orang Jepang. Penggunanya dapat langsung menjadi "fasih" dalam lebih dari 40 bahasa dengan perangkat jenius tersebut.

Translaty bisa sangat bermanfaat dalam pertemuan bisnis dengan klien internasional atau jalan-jalan ke luar negeri. 

Perangkat kecil namun cerdik ini mampu mengenali dan menerjemahkan lebih dari 40 bahasa secara instan, membuat komunikasi antar budaya menjadi sangat mudah.

Hanya empat langkah sederhana yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan siapa pun di dunia:

1. Pilih bahasa yang ingin Anda ucapkan, tekan tombol "A" dan mulailah berbicara.

2. Setelah melepaskan tombol, Translaty akan menerjemahkan kata-kata Anda ke bahasa yang dipilih.

3. Tekan tombol "B" dan biarkan teman asing Anda berbicara.

4. Menunggu Translaty untuk menerjemahkan kembali kepada Anda, itu saja.

Loading...
Loading...

Berita Terkait