Senin, 02 September 2019 03:30 WITA

7 Kesalahan yang Bikin Laptop Cepat Rusak

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
7 Kesalahan yang Bikin Laptop Cepat Rusak
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Laptop memiliki masa hidup yang terbatas. Namun sebenarnya tergantung pada bagaimana kamu menggunakan dan merawatnya. 

Semakin baik upaya perawatan, semakin awet pula laptopmu. Selain itu, kamu juga harus menghindari berbagai kesalahan penggunaan yang sering dilakukan banyak orang. Nah kira-kira apa saja ya? Simak berikut ini!

1. Setelah menggunakannya kamu tidak mematikan laptop dengan benar

Banyak orang yang hanya menutup layar laptop setelah menggunakannya. Cara tersebut tidak benar-benar mematikannya, melainkan hanya membuat laptop dalam keadaan sleep. 

Ada banyak masalah jika kamu sering melakukannya. Baterai laptop pun menjadi lebih boros, speaker bermasalah, dan lain-lain. Pastikan kamu selalu mematikannya agar perangkatmu bisa istirahat dengan layak.

2. Mengangkat laptop dari layarnya

Kesalahan berikutnya yang sangat umum dilakukan pemilik laptop adalah mengangkat dari layarnya. Dampak dari kebiasaan ini sangat buruk karena memengaruhi hardware.

Layar memiliki sekrup logam yang menyambungkannya dengan bagian badan. Ketika kamu mengangkatnya dengan cara yang salah, sekrup lama-lama longgar dan akhirnya terlepas.

3. Menaruh laptop di tas yang longgar

Pernah tahu tas laptop kan? Mereka didesain sangat pas dan bahkan memiliki pengaman tambahan berupa velcro. Memang pada umumnya tas laptop besar dan tidak fashionable. Itulah kenapa banyak orang yang menaruhnya di tas biasa. Namun kebiasaan ini tidak baik karena risiko laptop untuk jatuh dan terbentur benda di sekitarnya semakin besar.

4. Kebiasaan memangku laptop di atas paha

Loading...

Ini adalah kesalahan yang paling sering terjadi. Memangku laptop bisa menyebabkannya overheating. Kenapa? Sebab ventilasi perangkat tersebut terletak di bagian bawah. 

Kulit atau bahan baju kita akan menghalangi aliran udara yang keluar masuk. Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan laptop di permukaan yang keras seperti meja dari kayu. 

5. Tidak memasang antivirus

Instal aplikasi memang bisa memakan waktu yang lama. Apalagi jika yang dipasang adalah software antivirus. Mereka sering kali memiliki komponen yang cukup banyak sehingga kamu harus menunggu selama satu jam atau lebih. Namun kamu harus tahu bahwa tidak ada laptop yang aman dari serangan malware dan virus. 

6. Terlalu sering membuka banyak aplikasi sekaligus

Tidak seperti handphone, laptop memang cocok digunakan untuk multitasking. Namun bukan berarti kamu bisa membuka berbagai software dalam satu waktu sekaligus.

Kebiasaan ini hanya akan membuat laptopmu bekerja terlalu keras. Selanjutnya ia akan menjadi panas dan melambat. Dampak jangka panjangnya, perangkat tersebut akan lebih cepat rusak. Kamu tentu tidak mau ini terjadi kan? 

7. Laptop belum pernah di-reset

Kamu merasa laptopmu semakin lambat hingga ia sulit untuk digunakan? Jangan kehilangan harapan terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba melakukan reset terhadapnya. Ini tidak sama dengan restart ya. 

Reset adalah cara untuk menginstal ulang sistem operasi laptop. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah memindah semua data di dalamnya ya. Caranya mudah, tinggal buka Settings > Update & Security > Recovery > Reset this PC.
 

Tags
Loading...
Loading...