Minggu, 01 September 2019 09:21 WITA

Cara Mengenali Pengikut Palsu di Instagram

Editor: Suriawati
Cara Mengenali Pengikut Palsu di Instagram
INT

RAKYATKU.COM - Tak bisa dipungkiri, pengkut palsu memang banyak ditemukan di Instagram. Bahkan jika Anda belum pernah membeli pengikut, Anda masih diikuti oleh beberapa bot.

Pada dasarnya banyak bot tidak berbahaya, tetapi Anda masih harus melaporkannya ke Instagram. Mengapa? Karena akun bot umumnya akan mencoba untuk mengganggu Anda dengan mengirimkan spam atau link berbahaya via DM.

Akhir tahun lalu, Instagram telah menindak aplikasi pihak ketiga yang memberikan pengikut palsu dan like.

Tapi itu tidak menandai akhir dari pengikut palsu. Faktanya, menurut survei yang dilakukan pada awal minggu ini, akun selebriti seperti Ellen DeGeneres, BTS, dan Ariana Grande memiliki jumlah pengikut palsu sekitar 46 hingga 49 persen. 

Loading...

Cara menemukan akun palsu
Untuk menemukan akun palsu, perhatikan beberapa tanda tandanya. Misalnya, jika Anda melihat pengguna menyukai bermacam-macam foto Anda secara acak atau meninggalkan komentar tidak nyambung, ada kemungkinan ia berafiliasi dengan booster pihak ketiga.

Juga, akan lebih baik jika Anda mengintip profil itu sendiri. Jika pengguna mengikuti ribuan orang tetapi tidak memiliki banyak pengikut atau postingan, atau jika akun mereka tampaknya sudah tidak aktif untuk waktu yang lama, jangan ragu untuk curiga.

Tentu saja, ada bot yang sengaja membuat postingan aktif untuk tampil nyata. Jika Anda tidak yakin, coba ambil satu atau dua fotonya, lalu masukkan dalam pencarian gambar Google, dan lihat apakah foto itu diambil dari pengguna lain.

Loading...
Loading...