Senin, 26 Agustus 2019 13:55 WITA

Sistem Pendeteksi Wajah Bantu Polisi Melacak Tersangka Pembunuhan

Editor: Suriawati
Sistem Pendeteksi Wajah Bantu Polisi Melacak Tersangka Pembunuhan
INT

RAKYATKU.COM - Teknologi memiliki beberapa kegunaan yang mengejutkan, dan kadang-kadang bekerja dengan cara yang mungkin tidak Anda harapkan.

Ambil contoh di China, sistem pendeteksi wajah yang digunakan oleh aplikasi pinjaman telah membantu polisi melacak tersangka pembunuhan, dan melakukan penangkapan.

Menurut sebuah laporan dari South China Morning Post, seorang pria berusia 29 tahun diduga membunuh pacarnya karena masalah uang.

Setelah membunuhnya, ia kemudian mencoba menggunakan identitasnya untuk mengajukan pinjaman melalui aplikasi bernama Money Station.

Namun, aplikasi tersebut mengharuskan pengguna untuk memindai wajah mereka dan berkedip selama proses persetujuan.

Tetapi karena dia sudah mati, jelas itu tidak akan terjadi. Aplikasi juga mendeteksi bahwa itu bukan suara wanita tetapi suara pria.

Loading...

Setelah verifikasi yang gagal, pekerja di perusahaan kemudian secara manual memeriksa verifikasi itu dan menemukan bahwa perempuan itu memar, dan ada tanda merah di lehernya.

Mereka kemudian beri tahu pihak berwenang mengenai hal itu, dan mereka berhasil melacak tersangka.

Pria itu pun ditangkap, dan polisi menemukan bahwa dia telah mencuri $4.200 dari rekening korban.

Dia juga diketahui telah menggunakan telepon korban untuk memberi tahu orang tua dan bosnya bahwa dia sedang bepergian dan perlu cuti.

Tags
Loading...
Loading...