Sabtu, 10 Agustus 2019 09:34 WITA

Huawei Perkenalkan HarmonyOS, Sistem Operasi Saingan Android

Editor: Suriawati
Huawei Perkenalkan HarmonyOS, Sistem Operasi Saingan Android
INT

RAKYATKU.COM - Raksasa telekomunikasi China Huawei meluncurkan sistem operasinya sendiri pada hari Jumat. Sistem operasi itu disebut HarmonyOS atau HongMeng dalam bahasa China.

Richard Yu, kepala bisnis konsumen Huawei, mengatakan bahwa HarmonyOS diharapkan dapat "membawa lebih banyak harmoni dan kenyamanan bagi dunia".

Yu mengatakan sistem baru itu lebih lancar dan aman, dan sangat berbeda dari Android dan iOS.

Perangkat lunak tu dianggap penting bagi kelangsungan Huawei, karena mereka menghadapi pembatasan dari Amerika Serikat, yang dapat menghapus aksesnya ke sistem operasi Android.

Huawei mengatakan versi pertama HarmonyOS akan diluncurkan akhir tahun ini. Pertama-tama itu akan hadir di produk-produk smart screen Huawei, sebelum berkembang di berbagai perangkat cerdas.

"Jika Anda bertanya kapan kami akan menerapkan ini pada smartphone, kami dapat melakukannya kapan saja," kata Yu.

loading...

Ia menambahkan bahwa mereka memberikan prioritas untuk menggunakan sistem operasi Android, yang kompatibel dengan Harmony.

"Namun, jika kami tidak dapat menggunakannya (Android) di masa depan, kita dapat segera beralih ke Harmony OS," katanya.

Pada bulan Mei perusahaan itu terseret ke dalam perang dagang yang semakin mendalam antara Beijing dan Washington.

Huawei telah masuk daftar hitam AS di tengah kecurigaan bahwa perusahaan ini menyediakan pintu belakang bagi layanan intelijen China, sesuatu yang dibantah oleh perusahaan.

Tags
Loading...
Loading...